Minggu, 5 Mei 2024

KSAD Ingatkan Jajarannya Jangan Sampai Mengundang Penceramah Radikal

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jenderal TNI Dudung Abdurachman Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Foto: Antara

Jenderal TNI Dudung Abdurachman Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) mengingatkan seluruh Prajurit TNI AD beserta keluarganya mewaspadai ancaman radikalisme.

Maka dari itu, KSAD memerintahkan seluruh panglima kodam dan komandan korem memonitor aktivitas personel AD serta keluarganya.

Dia tidak mau sampai ada Prajurit TNI AD atau keluarganya mengundang penceramah radikal yang menganjurkan pembangkangan pada kebijakan pemerintah.

Pernyataan tegas itu disampaikan Jenderal Dudung, pagi hari ini, Rabu (2/3/2022), sebelum memimpin Rapat Pimpinan TNI AD Tahun 2022, di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat.

“Itu juga menjadi satu poin yang nanti akan saya sampaikan kepada para pangdam para danrem. Jangan sampai salah kita memilih atau mengundang orang penceramah yang kemudian rupanya orang itu sudah terpapar radikalisme. Sehingga, jangan sampai ini pemahaman yang tidak bagus sampai ke keluarga besar kita,” ujarnya.

Menurut Dudung, loyalitas TNI AD tegak lurus kepada Presiden selaku panglima tertinggi.

“Masalah disiplin militer itu di WA (WhatsApp) Group nanti akan saya tekankan kepada seluruh komandan satuan di sini. Dukunglah pemerintah, jangan ada yang ngomong aneh-aneh,” tegasnya.

Sekadar informasi, kemarin, Selasa (1/3/2022), dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri, Joko Widodo Presiden menyinggung perlunya kehati-hatian keluarga TNI dan Polri mengundang penceramah agama.

Selain itu, Jokowi mengingatkan keluarga TNI dan Polri untuk menjaga sikap dalam berkomunikasi, termasuk aktivitas di media sosial.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan, tentara di seluruh dunia tentara punya aturan sendiri dalam kitab undang-undang disiplin tentara yang intinya kesetiaan tegak lurus.(rid/dfn)

Berita Terkait

BNPT Awasi 600 Akun Berpotensi Radikal


..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs