Jumat, 26 April 2024

Kunjung Surabaya, Jokowi Sampaikan Capaian Vaksinasi Sudah 432 Juta Dosis

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jokowi Presiden saat memberikan bantuan kepada salah satu pedagang kaki lima, dalam kunjungannya ke Surabaya, Minggu (21/8/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI menyampaikan jika capaian vaksinasi di Indonesia sudah mencapai 432 juta dosis. Hal tersebut disampaikan Presiden, pada agenda keduanya di Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya.

Kata Jokowi, distribusi vaksin yang dilakukan pemerintah sudah masuk ke 514 kabupaten dan kota di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, proses distribusi vaksin yang dilakukan petugas telah menjangkau daerah-daerah pelosok dengan medan yang sulit.

“Kami berusaha sekeras mungkin supaya vaksin bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat, capaian ini berkat kerjasama dan gotong royong yang dilakukan oleh semua pihak,” ujar Presiden.

Selain itu, Jokowi mengungkap bahwa Indonesia termasuk lima besar negara terbaik dalam menghadapi pandemi Covid-19. Indikator tersebut dinilai dari capaian vaksinasi dan tingkat penyebaran virus yang rendah.

Jokowi Presiden ditemani Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat mengunjungi Pasar Pucang Anom Surabaya, Minggu (21/8/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Kasus aktif Covid-19 di Indonesia saat ini kurang lebih mencapai 4.992 orang berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI per 20 Agustus 2022.

“Kita tidak kalah dengan negara-negara besar. Di salah satu negara Eropa hingga saat ini masih ada yang kasus aktifnya mencapai 90 ribu orang,” imbuh Jokowi.

Kegiatan yang dihadiri oleh Jokowi pada sore hari ini merupakan ajang silaturahmi dengan para relawannya yang ada di Kota Surabaya. Kelompok relawan bernama Sapulidi ini mengangkat tema “Satu Komando 2024 Ikut Pak Jokowi”.

Tema yang sedikit menyinggung Pemilu tersebut tidak banyak dikomentari oleh Presiden. Jokowi hanya mengatakan bahwa pemilihan umum 2024 masih jauh. “Pemilu masih jauh,” ungkap Jokowi.

Sekedar diketahui, kegiatan yang sudah dimulai sejak sekitar pukul 16.00 WIB ini dihadiri oleh ribuan para relawan dengan dresscode kaos berwarna merah dan putih. Akses sepanjang jalan menuju Jalan Tambaksari pun juga ditutup selama kegiatan berlangsung.

Sekitar pukul 17.30 WIB arus lalu lintas kembali dibuka oleh petugas dan sempat mengalami kepadatan selama kurang lebih 30 menit akibat keluarnya para relawan dari stadion secara bersamaan, dan keluarnya sejumlah kendaraan dari area stadion. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs