Kamis, 28 Maret 2024

Kunker ke Jateng, Ketua DPR akan Resmikan Program Air Bersih di Wonogiri

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI meninjau pelaksanaan larangan mudik di Pelabuhan ASDP Bakauheni, Lampung, Minggu (9/5/2021). Foto: Istimewa

Puan Maharani Ketua DPR RI akan melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Kota Solo, Kabupaten Karangnyar, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, tanggal 26-27 April 2022.

Ada sejumlah agenda kerja yang akan dilakukan Ketua DPR RI, antara lain mengecek harga bahan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Hari pertama, Puan akan menghadiri pembukaan bimbingan teknis Kartu Indonesia Pintar di Hotel Sunan Solo. Selanjutnya, Puan dijadwalkan menuju Wonogiri untuk membuka Program Air Bersih bagi masyarakat Desa Gendayakan.

“Masyarakat Desa Gandayakan selama ini sangat kesulitan air karena berada di kawasan kering dan berbatu gamping. Kami bersyukur pengerjaan proyek air bersih sudah selesai sehingga ke depan dapat membantu kehidupan sehari-hari warga,” kata Puan di Jakarta, Senin (25/4/2022).

Sesudah dari Desa Gandayakan, legilator PDI Perjuangan itu berencana mengecek pelaksanaan bedah rumah Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), di Wonogiri.

Kemudian, di hari kedua tanggal 27 April 2022, Puan akan melakukan kunjungan ke Pasar Jongke, Kabupaten Karanganyar untuk mengecek langsung harga-harga kebutuhan pangan menjelang lebaran.

“Seperti kita ketahui, beberapa komoditas sembako harganya sudah mulai naik dan saya ingin mengetahui permasalahan yang dihadapi masyarakat sehingga kita bisa carikan solusi bersama Pemerintah,” paparnya.

Selepas kegiatan di Pasar Jongke, Puan akan meresmikan objek wisata Gunung Kemukus di Sragen yang dipoles dengan ikon baru yaitu The New Kemukus bersama Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kami tentu berharap The New Kemukus yang menjadi ikon baru Sragen semakin meningkatkan pariwisata di Kabupaten tersebut,” harapnya.

Mantan Menko PMK itu juga dijadwalkan memberikan bantuan gerobak untuk sejumlah UMKM di The New Kemukus. Puan yakin, objek wisata baru itu bisa meningkatkan perekonomian warga di sekitar Gunung Kemukus.

“Harapannya agar percepatan ekonomi di Sragen juga akan kian meningkat,” tuturnya.

Warga Sragen pun begitu antusias menyambut peresmian The New Kemukus. Untuk menyemarakkan kegiatan tersebut, warga mengecat warna-warni rumahnya agar menjadi Kampung Pelangi.

Sementara itu, Setyo Sukarno Wakil Bupati Wonogiri mengapresiasi Puan yang akan menghadiri pembukaan program air bersih di wilayahnya. Menurutnya, selama ini warga Desa Gandayakan selalu mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih.

“Warga biasanya mengandalkan air hujan karena kondisi tamah yang berbukit bebatuan susah untuk membuat sumur. Sekarang, dari sumber air alami, air disalurkan lewat pipa-pipa ke rumah warga. Terima kasih Ibu Puan berkenan hadir dalam pembukaan program air bersih di Wonogiri,” ucapnya.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs