Kamis, 2 Februari 2023

Kya-Kya Akan Buka Lagi, Pemkot Surabaya Siapkan Konsep Berbeda

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pusat Kya-Kya Kembang Jepun. Foto: Dokumen Dinas Kominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya akan membuka kembali wisata pecinan di Jalan Kembang Jepun. Kawasan Kya-Kya buka kembali pada malam hari dengan konsep seperti Tunjungan Romansa.

Wiwiek Widyawati Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Surabaya mengatakan, akan menggabungkan aneka streetfood dengan spot-spot yang dapat digunakan masyarakat seniman untuk perform.

“Tentunya kegiatan seni yang ditampilkan sangat relevan dan khas daerah Kembang Jepun” kata Wiwiek saat dihubungi Suara Surabaya, Selasa (16/8/2022).

Selain konsep wisata kuliner, kawasan Kya-Kya juga akan terkoneksi dengan sejumlah objek wisata kota tua di Jalan Karet dan Jalan Gula untuk memantik wisatawan berkunjung.

Wiwiek menjelaskan pengembangan Kya-Kya ke depannya juga melibatkan masyarakat setempat. Tujuannya untuk menciptakan wisata Kya-Kya yang berkelanjutan.

“Ketika kami mengembangkan wilayah tersebut tidak hanya dilakukan oleh internal kami sendiri tetapi disana kami juga ketemu masyarakat, kami juga berdiskusi secara intens dengan kelompok sadar wisata yang ada di sana,”ujarnya.

Wiwiek optimis Kya-Kya akan berhasil seperti di Jalan Tunjungan. “Kita melihat lagi ketika waktu itu Jalan Tunjungan banyak gedung-gedung yang tutup, tetapi ketika sudah mulai ada trigger akhirnya semakin hari semakin tumbuh dengan ramai. Kami yakin wisata Kya-Kya akan mengalami hal yang sama”pungkasnya.

Wiwiek menambahkan, ke depannya Kya-Kya juga akan terhubung dengan wisata perahu Kalimas. Sehingga nanti pengunjung yang naik perahu juga bisa menikmati suasana malam kawasan pecinan. (gat/iss)

Berita Terkait