Rabu, 1 Februari 2023

Laz Al-Azhar Terapkan Pembayaran Zakat Sistem Drive Thrue

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Konter zakat drive thru berlokasi di sekolah dasar Islam Al Azhar 11 Mulyosari Surabaya, Selasa (12/4/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Lembaga Amil Zakat Al Azhar memberikan fasilitas kemudahan untuk pembayaran zakat, infaq, sedekah dan wakaf bagi kaum muslim di wilayah Surabaya melalui konter layanan Zakat Drive Thru.

Aditya Kusuma Kepala Perwakilan Lembaga Amil Zakat (Laz)Al Azhar Jawa Timur menyampaikan fenomena Covid- 19 yang melatarbelakangi berdirinya layanan zakat drive thru dan layanan jemput donasi.

Aditya berharap kedua layanan ini bisa menjadi solusi yang aman dan nyaman untuk bertransaksi bagi masyarakat beragama Islam.

“Ini alternatif memudahkan masyarakat muslim untuk menunaikan kewajibannya membayar zakat infaq di bulan ramadan dengan cara aman, nyaman dan praktis di tengah situasi seperti ini,” jelas Aditya di acara opening ceremony Zakat Drive Thru berlokasi di SD  Islam Al Azhar 11 Mulyosari Surabaya.

Layanan ziwaf ini, lanjut Aditya sudah dilaksanakan mulai 5 April – 2 Mei 2022. Untuk mekanisme konter drive thru Laz Al Azhar diawali dengan penerapan protokol kesehatan kepada tamu yang ingin berzakat. Dengan wajib mengenakan masker, melakukan pengecekan suhu, pemberian handsanitiser sekaligus tetap melakukan jaga jarak.

Tahap berikutnya, petugas zakat memfasilitasi pembayaran tunai maupun non tunai. Konter zakat drive thru ini selain kendaraan roda empat juga melayani sepeda motor maupun sepeda roda dua.

Di lokasi yang sama, Bambang Tutuko, Ketua Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar Jatim mengatakan, melalui konter drive thru, maka pelayanan makin mudah dan cepat.

“Apalagi ada teknologi QRIS tinggal bawa hape, cepat prosesnya,” jelasnya.
Bambang Tetuko berharap konter ini tidak hanya buka disaat bulan Ramadan saja tapi juga seterusnya.

“Semoga dengan dibukanya konter layanan zakat drive thru Laz Al Azhar Jawa Timur masyarakat muslim akan semakin bersemangat menunaikan kewajibannya sehingga masyarakat dhuafa yang kurang beruntung akan semakin banyak dibantu,” harapnya. (man/rst)

Berita Terkait