Sabtu, 27 April 2024

Libatkan Ribuan Warga Jatim, Program Merdeka Heppiii Tampilkan Beragam Kreativitas

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Kreativitas yang ditampilkan warga desa di wilayah Probolinggo, Jawa Timur dalam kegiatan Merdeka Heppiii. Foto: Istimewa

Ribuan warga Jawa Timur dari 125 desa mengikuti Program Merdeka Heppiii yang digelar oleh Hepppiii Community Jawa Timur. Mereka menampilkan beragam kreativitas.

Program ini merupakan bagian dari upaya ratusan desa yang tergabung dalam Heppiii Community di Jatim untuk menampilkan berbagai potensi ekonomi dan kreativitas warga desanya sekaligus meramaikan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Merdeka Heppiii juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan di antara warga. Selain potensi desa yang bisa dimunculkan, momentum ini juga menjadikan masyarakat semakin guyub, tambah rukun serta menumbuhkan semangat nasionalisme,” kata  Ronald Theo Lesmana Pembina Heppiii Community dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (13/9/2022).

Kegiatan yang diinisiasi karang taruna desa Heppiii Community ini acaranya sangat beragam dan digelar secara massal, seperti pergelaran wayang kulit, festival reog di Jember, pergelaran budaya di Situbondo, bazar UMKM di Jombang dan Probolinggo, serta hiburan musik rakyat.

“Beberapa karang taruna menggelar bakti sosial dengan khitan massal yang melibatkan ratusan orang di Sidoarjo. Ada juga undian jalan sehat, lomba senam ibu-ibu, kemudian panggung hiburan di Bojonegoro,” ujarnya.

Karang taruna lainnya juga terus menghidupkan kesenian dan permainan tradisional, seperti menampilkan musik angklung di acara kemerdekaan, lomba gobak sodor di Probolinggo, serta di Madiun ada karnaval yang diikuti ratusan warga desa berhadiah hewan ternak.

“Di berbagai daerah juga banyak digelar bakti sosial dengan memberikan sembako kepada warga sekitar, kemudian sejumlah daerah menggelar pengajian umum sebagai penutup Merdeka Heppiii,” tambah Ronald.

Ia berharap kegiatan Merdeka Heppii yang digelar sejak pertengahan Agustus hingga awal September 2022 tersebut dapat terus digelar setiap tahun dan menjadi sarana bagi warga desa untuk menunjukkan potensinya.

Pada era komunikasi yang semakin terbuka, masyarakat desa punya kesempatan yang sama untuk mengoptimalkan kemampuannya sehingga desa-desa Heppiii Community semakin maju dan warganya sejahtera.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs