Senin, 29 April 2024

Mahasiswa Teknobiologi Ubaya Raih Honorable Mention ONMIPA 2022

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Hansdersen Hermen Iramawan (kiri) dan Eleonora Jessica (kanan) mengikuti ONMIPA 2022. Foto: Ubaya

Eleonora Jessica, mahasiswi Program Studi Biologi Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) berhasil mendapatkan penghargaan honorable mention pada ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tahun 2022 cabang biologi. Penghargaan ini didapatkannya pada Kamis (22/9/2022).

ONMIPA adalah lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang mengujikan salah satu mata bidang kimia, fisika, biologi, dan matematika. Eleonora bersaing dengan 65 peserta lainnya dalam olimpiade cabang biologi. Sebelum maju ke olimpiade skala nasional, mahasiswi semester 5 itu mengaku telah melewati berbagai macam seleksi.

“Awalnya saya mengikuti seleksi internal di Ubaya. Setelah itu, saya lanjut ke seleksi tingkat wilayah LLDIKTI VII secara online bersama ribuan peserta lainnya di cabang Biologi. Tak disangka ternyata saya lolos ke olimpiade nasional,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

Olimpiade nasional, lanjut Eleonora, diselenggarakan selama dua hari dengan mengerjakan paper based test berupa esai. Mahasiswi lulusan SMA Kristen Petra 5 Surabaya itu harus mengerjakan soal studi kasus tentang materi Biologi, seperti Biologi Sel, Genetika dan Bioteknologi Molekuler, dan sebagainya.

Eleonora akhirnya berhasil mendapat honorable mention. Honorable mention adalah penghargaan yang diberikan kepada lima peserta dengan nilai tertinggi setelah peraih medali perunggu.

Selain Eleonora, mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik bernama Hansdersen Hermen Iramawan juga berhasil maju ke ONMIPA 2022. Dalam lomba ini, Hansdersen mengikuti olimpiade cabang kimia.

Christina Avanti Wakil Rektor III Ubaya Bidang Kemahasiswaan dan Alumni memberikan apresiasi kepada dua mahasiswa Ubaya yang telah mengikuti olimpiade nasional ini. “Kami harap pencapaian yang membanggakan ini turut membakar semangat mahasiswa lainnya agar dapat berprestasi di bidang minat dan bakat mereka,” tuturnya.

Melalui prestasi ini, Eleonora mengatakan dirinya akan mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan nasional lain yang serupa ke depannya. “Karena saya suka Biologi, terutama Bioteknologi, saya akan belajar lebih dalam lagi agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik di olimpiade selanjutnya,” ujarnya. Dia juga mendorong pelajar muda untuk dapat ikut serta dalam olimpiade ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri dan berprestasi.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs