Jumat, 26 April 2024

Mahasiswa UPN Veteran, Hijaukan Kampung Eks Lokalisasi Dolly Lewat Pupuk Organik Cair

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Pupuk organik cair hasil gerakan mengolah limbah organik di Kawasan Eks Lokalisasi Dolly yang berada di Putat Jaya RT 04 RW 10. Kamis (30/6/2022). Foto: Istimewa

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) UPN Veteran Jawa Timur melakukan gerakan mengolah limbah organik di Kawasan Eks Lokalisasi Dolly yang berlokasi  di Putat Jaya RT 04 RW 10. Dengan membuat pupuk organik cair atau yang disebut juga Proof of concep (POC).

Dimas Handi, Ketua Kelompok 7 KKNT menjelaskan POC sendiri dibuat dengan menggunakan sampah yang berasal dari rumah tangga dan limbah kedelai milik Bang Jarwo, seorang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bidang usaha tempe.

“POC juga merupakan hasil campuran antara tetes tebu dengan EM4. Melihat dari sisi manfaatnya, POC dapat digunakan untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman selama masa pertumbuhan,“ jelasnya.

Selain itu, POC juga berkhasiat dalam hal menyuburkan tanaman. “Proses pembuatan POC memakan waktu kurang lebih satu bulan. Sebagian besar waktu dhabiskan dengan menunggu proses pembusukan,” lanjutnya.

Dok. Kolaborasi antara KKNT Kelompok 7 dan UMKM Tempe Bang Jarwo dengan Kecamatan Gubeng. Foto : Istimewa

Tidak hanya sebagai bahan campuran untuk membuat POC saja, pemanfaatan limbah kulit kedelai dari UMKM Tempe Bang Jarwo juga sebagai media tanam. “Media tanam ini digunakan untuk sampel tanaman hasilnya, tanaman kangkung yang menggunakan media tanam ini, pertumbuhannya lebih cepat dan batang kangkungnya juga lebih lebar,” kata Dimas.

Program pembuatan media tanam yang merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa KKN dengan pelaku UMKM Tempe Bang Jarwo juga melebarkan sayap hingga Kecamatan Gubeng.

“Di sana kami mengajarkan bagaimana cara membuat media tanam yang berasal dari limbah tempe, kami juga membagikan 100 unit polybag berisi tanaman toga dan 17 botol POC untuk warga setempat,” pungkas Dimas. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs