Kantor berita Antara pada Senin (19/9/2022) melaporkan bahwa unggahan itu menjadi perbincangan warganet Indonesia karena terdapat keterangan Rolak Songo Sungai Brantas pada tampilan depan video tersebut.

Judul yang disematkan pada konten yang muncul 5 September 2022 itu, juga mengarah pada peristiwa di Tanah Air, yaitu manusia di makan buaya Sungai Brantas.

Video yang berdurasi dua menit 30 detik itu, telah dilihat lebih dari 37 ribu warganet, disukai 106 pengguna YouTube dan mendapatkan komentar hingga 56 pengguna.

Namun perlu diketahui, video tersebut merupakan peristiwa yang terjadi di Kota Tampico, Meksiko dan bukan terjadi di Indonesia.

Unggahan serupa juga terjadi yang menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi di Kota Tangerang, Banten. Namun, hal tersebut telah di klarifikasi sejak 30 Agustus 2022.

Sebelumnya, video yang menampilkan sosok mayat diseret buaya di sungai muncul di unggahan akun Twitter @Porfirioibarra, pada 19 Agustus 2022.

Diketahui, akun berbahasa Spanyol itu menyertakan keterangan unggahan, buaya menyeret jasad seorang pria Laguna Carpintero di Kota Tampico, diperkirakan pria itu masuk laguna untuk berenang dan diserang buaya. (ant/des/iss/ipg)