Jumat, 19 April 2024

Masih Banyak Pantai di Gunung Kidul yang Belum Terjamah

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul. Foto: Ilustrasi.

Kabupaten Gunung Kidul salah satu daerah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan pariwisata pantai. Keindahan lautnya dan pasir putih yang ada di bibir pantai membuat Gunung Kidul menjadi destinasi pariwisata yang cukup digemari.

Namun, siapa yang menyangka bahwa Gunung Kidul masih menyimpan puluhan pantai yang masih asri dan belum punya nama karena belum terjamah. Binar Atmajaya warga lokal Gunung Kidul sekaligus Google lokal Jogjakarta menyampaikan itu.

“Ada ratusan pantai di Gunung Kidul, yang sudah dikasih nama sekitar 50an dan itu sebagian kecil aja yang dikelola karena jumlah pantainya banyak sekali,” kata Binar kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (20/2/2022).

Menurutnya, banyak pantai yang belum dikelola kebanyakan karena akses menuju pantai yang sulit seperti jalanan yang berbatu.

Banyak pantai juga yang dikelola oleh warga setempat dengan kisaran harga Rp20 ribu dan itu sudah bisa menikmati beberapa pantai sekaligus.

“Karena memang lahan-lahan itu dikelola warga. Kondisinya bagus karena kebanyaan pasir putih. Tiketnya diperpadukan karena mereka melalui satu gate saja,” katanya.

Banyak pantai yang sudah tersedia hotel, namun banyak juga warga yang membuat rumahnya sebagai tempat penginapan sederhana bagi wisatawan.

Begitu juga toko merchandise dan oleh-oleh yang dikelola warga setempat.

Beberapa waktu lalu saat penurunan kasus Covid-19 dan PPKM dilonggarkan, Binar mengaku jumlah wisatawan sempat meningkat.

Namun saat kasus Omicron merebak dan Jojakarta masuk dalam daerah yang menerapkan PPKM level 3, jumlah wisatawan kembali turun.

“Untuk saat ini karena Jogja termasuk yang kena PPKM level 3, jadi weekend ini jumlah dibawah normal. Saya kira orang-orang sudah sadar diri kalau PPKM ditahan dulu,” ujarnya.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs