Sabtu, 20 April 2024

Masjid Rahmat Kembang Kuning Gelar Berbagai Kegiatan Meriahkan Ramadan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Masjid Rahmat di Jalan Kembang Kuning, Surabaya. Foto: Chenghoo.co

Masjid Rahmat di Jalan Kembang Kuning, Kota Surabaya menyambut Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah dengan menggelar berbagai kegiatan.

Ahmad Muryadi, Imam Masjid Rahmat mengatakan, banyak kegiatan yang bisa diikuti jemaah selama bulan Ramadan, di antaranya ibadah Salat Tarawih, Qiyamul Lail, kuliah umum, hingga Tadarus.

“Kalau hari Senin sampai Kamis kami ada Kuliah Zuhur, Kuliah Asar hari Senin sampai Rabu. Kalau hari Ahad (Minggu) khusus ibu-ibu selepas waktu Salat Asar,” ujarnya kepada Suara Surabaya, Minggu (3/4/2022).

Kemudian, sore ada kuliah tujuh menit (kultum), tarawih setelah itu dilanjutkan tadarus. Kuliah subuh dilakukan secara selang-seling, Ahad pagi ada kuliah Subuh, Senin libur, lalu Selasa ada lagi, Rabu libur, dan begitu seterusnya.

Takmir Masjid Rahmat, kata Muryadi, juga menyediakan takjil untuk jemaah yang berbuka puasa di lokasi.

Alhamdulilah, sementara ini kami menyediakan 300-350 porsi hidangan untuk berbuka puasa. Lalu ada kurma untuk mengawali buka puasa,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia bilang pada hari pertama pelaksanaan ibadah Salat Tarawih, Sabtu (2/4/2022) malam, jemaah dengan tertib dan antusias melaksanakannya di Masjid Rahmat.

“Tadi malam Alhamdulillah semuanya baik pihak jemaah, masyarakat khususnya Takmir Masjid Rahmat begitu antusias. Ramai-ramai, sama-sama mengisi Tarawih yang pertama dengan tertib,” imbuhnya.

Walau barisan salat di Masjid Rahmat sudah kembali rapat, pihaknya tetap mengimbau supaya jemaah tidak melapas masker sebagai bagian dari kedisiplinan menjaga protokol kesehatan.

“Kami sampaikan kepada jemaah untuk memakai masker. Kami juga menjaga protokol kesehatan meski pun pandemi sudah kian membaik sekarang ini,” pungkasnya.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs