Minggu, 28 April 2024

Maulid Nabi, Menag: Jaga Harmoni, Teladani Rasulullah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama. Foto: Kemenag.go.id

Dalam momen perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (8/10/2022) hari ini, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag) RI mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk meneladani Rasulullah SAW, termasuk dalam menjaga harmoni dan kerukunan.

“Rasulullah telah memberikan praktik terbaik dalam membangun harmoni dan kerukunan masyarakat Madinah. Umat Islam hidup rukun dengan kaum Yahudi dan Nasrani, dieratkan oleh Piagam Madinah,” ujar Yaqut di Jakarta, Sabtu (8/10/2022) dikutip kemenag.go.id.

Ia juga menambahkan, pra syarat dalam proses pembangunan adalah kerukunan. Dalam memajukan dan membangun Indonesia di tengah keragaman masyarakat, praktik baik yang diteladankan Rasulullah sepatutnya untuk dicontoh.

Menag menyebut mayoritas umat muslim yang berada di Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga harmoni Indonesia. Bahkan, dunia melirik keberhasilan Indonesia dalam merawat kerukunan dan memperkuat moderasi beragama.

“Harmoni Indonesia adalah kita bersama untuk merawat dan tanpa. Tak ada bangsa yang maju tanpa kerukunan. Untuk itu, harmoni adalah syarat utama pembangunan menuju emas,” pesan Menag.

Melalui semangat Maulid Nabi, Gus Yaqut juga mengajak umat muslim untuk mendoakan kepada para korban dalam tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, dan bencana banjir di wilayah Jakarta Selatan, khususnya siswa-siswi MTsN 19 Jakarta.

“Semoga amal kebaikan mereka diterima dan semua dosa diampuni Allah SWT. Amin,” tutur Menag. (tik/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs