Rabu, 8 Mei 2024

Mayoritas Jasad di Kuburan Massal Izium Ukraina adalah Warga Sipil

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kuburan massal yang ditemukan di Izium Ukraina. Foto: Reuters/Antara

Ihor Klymenko kepala kepolisian Ukraina mengungkap, berdasarkan perkiraan awal mayoritas jasad di kuburan massal yang ditemukan di Kota Izium, Ukraina timur, adalah warga sipil.

“Berdasarkan perkiraan awal, warga sipil. Meskipun kami telah mendapatkan informasi bahwa ada juga (jasad) tentara, kami belum menemukan satu pun,” kata Klymenko dalam konferensi pers yang dilaporkan Reuters seperti dikutip Antara, Sabtu (17/9/2022).

Penggalian masih terus dilakukan, katanya menambahkan.

Selain jasad dari kuburan massal, Klymenko juga mengungkapkan sejauh ini sekitar 50 korban tewas warga sipil telah ditemukan di wilayah Kharkiv pekan lalu.

Sebelumnya otoritas Ukraina mengatakan telah menemukan kuburan massal yang berisi 440 jasad di Kota Izium, bekas markas garis depan pasukan Rusia. Menurut otoritas setempat, ini adalah bukti kejahatan perang yang dilakukan penyerang.

Rusia belum mengomentari masalah tersebut secara terbuka. Pasukan Rusia melarikan diri dari Izium saat terjadi serangan balasan besar-besaran dari Ukraina, yang merebut kembali sebagian besar wilayah timur laut Kharkiv pekan lalu.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
29o
Kurs