Jumat, 19 April 2024

Medikbudristek Upayakan Kegiatan Belajar Mengajar di Cianjur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim saat meninjau TK PGRI Cugenang dan SDN Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). Foto: Antara

Nadiem Anwar Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) mengatakan pihaknya berupaya semaksimal mungkin agar kegiatan belajar mengajar dapat tetap berlangsung setelah terjadinya gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Upaya tersebut diwujudkan melalui pemberian berbagai bentuk bantuan pendidikan untuk warga yang disalurkan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur.

“Pertama (upaya prioritas) adalah agar proses pendidikan bisa berlanjut. Makanya kita menyiapkan berbagai macam tenda kelas, alat-alat tanggap darurat, tenda, buku, alat tulis, 200 meja lipat dan lain-lain agar proses pendidikan masih bisa berlanjut,” ujar Nadiem di Cianjur dikutip dari Antara pada Rabu (23/11/2022).

Nadiem mengatakan pihaknya juga akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat untuk memastikan apa saja yang dibutuhkan bagi warga pendidikan di Cianjur.

Menurutnya, sebagian sekolah di Cianjur telah memutuskan untuk berpindah dengan metode pembelajaran daring.

Namun bagi sekolah yang tidak bisa beralih daring atau tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai, Nadiem mengatakan pihaknya telah menyediakan sarana sementara.

Dia juga mengatakan pemerintah pusat, dalam hal ini Kemendikbudristek, memberikan fleksibilitas bagi masing-masing sekolah terdampak untuk bisa menentukan apakah akan meneruskan metode pembelajaran daring.

Selain itu, prioritas lain yang dilakukan pihak kementerian yaitu memastikan dan membantu pemulihan infrastruktur sekolah terdampak.

“Baik kita langsung bekerja sama dengan kementerian terkait yaitu PUPR untuk segera melakukan pembangunan kembali ruang-ruang kelas dan dinding-dinding yang rusak,” ujarnya.

Selain itu, Kemendikbudristek juga harus memastikan kondisi keamanan terlebih dahulu sebelum anak-anak kembali kepada sejumlah lokasi sekolah.

“Jadi itu pun kami akan berkoordinasi dengan Pemda maupun juga PUPR untuk memastikan itu,” ujarnya.

Nadiem mengatakan saat ini pihaknya bersama Pemda setempat juga masih menginvestigasi, mendata, maupun memetakan jumlah korban warga pendidikan di Cianjur.

“Karena sampai hari ini pun masih ketemu berbagai macam korban yang tadinya belum ditemukan, belum dieksvakasi. Jadi kami sedang memetakan itu,” ujar.(ant/red/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs