Jumat, 26 April 2024

Menag Siap Optimalkan Kuota Haji yang Diberikan untuk Indonesia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama menerbitkan surat edaran pembatasan untuk menjadi pedoman masyarakat dalam kegiatan di rumah ibadah guna membantu mengatasi lonjakan tajam Covid-19, Rabu (16/6/2021). Foto: Kementerian Agama

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag) mengatakan akan mengoptimalkan kuota haji yang diberikan Pemerintah Arab Saudi tahun ini kepada Indonesia. Menag juga bilang akan mengupayakan kuota dari negara lain yang tidak terserap supaya Indonesia mendapat kuota tambahan.

“Kami akan optimalkan berapa pun kuota nanti yang diberikan untuk Indonesia. Bahkan, kalau bisa kita akan upayakan agar Indonesia bisa mendapat tambahan, misalnya dari kuota negara lain yang tidak terserap,” ujarnya melalui keterangan resmi Kementerian Agama dikutip Minggu (10/4/2022).

Dia menambahkan, Kemenag akan melakukan persiapan sebaik mungkin untuk memastikan Jemaah Haji Indonesia terlayani dengan baik.

Sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi memberikan kuota haji tahun ini untuk satu juta jemaah dari seluruh dunia.

Terkait kebijakan tersebut, Menag menyatakan rasa syukurnya.

“Syukur alhamdulillah, Jemaah Haji Indonesia bisa berangkat tahun ini. Ini kabar yang sangat ditunggu jemaah haji di tanah air,” imbuhnya.

Sementara itu, Hilman Latief Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag mengatakan, kepastian adanya keberangkatan jemaah dari luar Saudi membuka seluruh simpul persiapan penyelenggaraan yang selama ini terus dilakukan pihaknya.

“Ini kabar gembira. Kepastian adanya kuota ini akan segara kami tindaklanjuti dengan finalisasi sejumlah langkah taktis yang telah dilakukan. Persiapan layanan, baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi, akan segera difinalkan,” ucapnya.

Menurut Hilman, waktu yang tersedia tidak banyak. Sehingga, pihaknya akan bekerja cepat dalam merampungkan persiapan, termasuk teknis pemilihan jemaah berhak berangkat sesuai ketentuan Arab Saudi dan pembinaan manasik.

“Kami akan bergerak cepat untuk melakukan persiapan. Biaya haji juga akan segera kita finalisasi dengan Komisi VIII DPR,” tandasnya.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs