Jumat, 3 Mei 2024

Menhub: Insiden Mobil Jatuh ke Laut di Dermaga 2 Merak Jangan Sampai Terjadi Lagi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mengatakan kecelakaan mobil yang jatuh di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Jumat (23/12/2022) menjadi pelajaran yang berharga bagi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP). Foto: Antara

Satu unit mobil dilaporkan jatuh ke laut di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Banten pada Jumat (23/12/2022) sekitar pukul 22.00 WIB.

Kombes Pol. Shinto Silitonga Kabid Humas Polda Banten mengatakan, peristiwa itu terjadi karena tali di mobil Daihatsu warna silver yang akan naik kapal melebar. Sehingga, side rem tidak menempel di kapal.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Penumpang yang merupakan sepasang suami-istri berhasil diselamatkan dan langsung dibawa ke RS Krakatau Medika Cilegon dengan kendaraan dinas milik Ditpolairud Polda Banten.

Dari kejadian tersebut, Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan menyatakan kecelakaan mobil yang jatuh di Dermaga 2 Pelabuhan Merak menjadi pelajaran berharga bagi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP).

“Kami minta kasus kecelakaan itu jangan sampai kembali terjadi,” ujarnya usai Rapat Koordinasi di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak sebagaimana dikutip Antara, Sabtu (24/12/2022).

Menhub juga memerintahkan ASDP bertanggung jawab dengan memberikan bantuan ganti rugi, menjamin biaya perawatan, dan lainnya yang diperlukan.

“Kami melihat kecelakaan mobil yang jatuh di Dermaga 2 Pelabuhan Merak menjadi pelajaran yang berharga dan ke depan harus mengatur lebih baik lagi,” jelas dia.

Budi Karya menambahkan, rapat koordinasi Angkutan Natal dan Tahun Baru (nataru) melibatkan instansi terkait, seperti BMKG, ASDP, BPBD, Pemerintah Daerah dan Kepolisian.

Koordinasi itu terkait evaluasi sarana dan prasarana yang ada di pelabuhan serta melakukan perbaikan.

Menhub juga meminta Kapolda Banten beserta jajarannya ikut membantu ASDP menjaga tempat-tempat yang rawan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

“Kami minta sarana dan prasarana itu dijaga supaya tidak menyebabkan kecelakaan,” tandasnya.(ant/tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs