Jumat, 29 Maret 2024

Menhub Kaji Pengembangan Transportasi Berteknologi Swakemudi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan di Terminal Giwangan, Kota Yogyakarta, Minggu (29/5/2022). Foto: Antara

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub), akan menyiapkan konsep kajian untuk mengembangkan moda transportasi umum dengan teknologi swakemudi atau otonom di Indonesia.

“Kami akan membuat suatu konsep, nanti akan ketemu equilibriumnya kapan kita akan melakukan (pengembangan transportasi berteknologi swakemudi),” kata Budi Karya Sumadi di Terminal Giwangan, Kota Yogyakarta, Minggu (29/5/2022) dilansir dari Antara.

Menurut dia, pengembangan autonomous vehicle (AV) atau kendaraan tanpa sopir di Indonesia menjadi harapan di masa mendatang. Namun demikian, pengembangan transportasi umum dengan teknologi tersebut masih membutuhkan kajian yang panjang.

“Satu keniscayaan bahwa autonomous itu menjadi harapan masa depan tapi di lain sisi kita butuh lapangan pekerjaan,” ujar dia.

Sebelumnya, keinginan mengoperasikan kendaraan otonom pernah disampaikan Joko Widodo Presiden saat menghadiri acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020 di Grand Ballroom, Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, 16 Januari 2020 lalu.

Joko Widodo Presiden saat itu mengungkapkan, hanya akan mengoperasikan kendaraan bertenaga listrik dan kendaraan otonom di kawasan ibu kota baru negara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Yang kita gunakan nanti autonomous vehicle dan electric vehicle di kota. Selain itu tidak boleh,” kata Presiden. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs