Sabtu, 27 April 2024

Menkominfo Pastikan Siaran Analog di Daerah Dimatikan Secara Bertahap

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) bersama Menkominfo Jhonny G Plate (kanan) melakukan prosesi penghentian siaran televisi analog di Jakarta, Kamis (3/11/2022) dini hari. Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Kemenkominfo

Johnny G. Plate Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), mengatakan bahwa Kemenkominfo segera mematikan siaran televisi terestrial analog di kabupaten dan kota di Indonesia bermigrasi ke digital secara bertahap.

“Pelaksanaan analog switch-off ini betul-betul memperhatikan kesiapan wilayah agar bisa berjalan dengan baik,” tuturnya, Kamis (3/11/2022) di Jakarta, Kamis (3/11/2022) dilansir Antara.

Menurutnya, Kemenkominfo terus mengkaji kesiapan teknis setiap wilayah sebelum menghentikan siaran analog dan migrasi ke siaran digital.

Selain kesiapan infrastruktur, hal penting lainnya untuk mendukung kelancaran siaran digital adalah distribusi Set Top Box (STB) untuk rumah tangga miskin, agar mereka tetap bisa menonton ketika siaran analog dimatikan.

Data terbaru Kemkominfo menyebutkan, ada 5,6 juta rumah tangga miskin yang berhak mendapatkan bantuan STB. Distribusi STB pun secara nasional per 2 November telah mencapai sebanyak 1.078.645 unit, baik subsidi dari pemerintah maupun penyelenggara multipleksing.

Geryantika Kurnia Direktur Penyiaran Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, juga menilai siaran televisi analog di kota-kota yang masuk daftar Nielsen bisa saja dimatikan tahun ini selama STB sudah didistribusikan dengan baik.

Untuk diketahui, Kota Nielsen merupakan sebutan bagi kota yang masuk daftar peringkat Nielsen dengan populasi kepemirsaan dan iklan yang tinggi. Kota tersebut yakni Jabodetabek, Surabaya dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan sekitarnya, Medan, Makassar, Palembang, Banjarmasin dan Denpasar.

Sebagai informasi, Indonesia memasuki era siaran digital per 2 November 2022 kemarin. Per tanggal itu, terdapat 230 kabupaten dan kota yang sudah migrasi ke siaran digital, antara lain adalah Jabodetabek, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Meranti, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Malaka, Kabupaten Belu, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong. (ant/rum/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs