Rabu, 10 Agustus 2022

Menparekraf Dukung Kebangkitan Industri Musik setelah Pandemi Terkendali

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar konferensi pers "Malam Puncak Lomba Karya Musik Anak Komunitas" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis malam (30/6/2022). Foto: Antara

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan dukungannya terhadap kebangkitan industri musik nasional setelah pandemi Covid-19 terkendali, dengan menyelenggarakan kembali berbagai acara musik di Indonesia.

“Kami terus menggelorakan berbagai acara agar bisa dilaksanakan seiring dengan terkendalinya pandemi, seiring dengan lebih banyaknya acara yang akan digelar,” ujarnya usai menghadiri ajang “Malam Puncak Lomba Karya Musik Anak Komunitas” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (1/7/2022) malam dikutip Antara.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memproyeksikan ada 20 juta orang yang bekerja pada sektor ekonomi kreatif. Apabila melihat akarnya, lanjutnya, justru ada di industri musik.

Selama pandemi yang berlangsung sekitar dua tahun, industri musik menghadapi tantangan utama tidak bisa berkegiatan karena ada pembatasan aktivitas masyarakat yang berdampak terhadap pembatalan konser dan live music.

Selama dua tahun tersebut, bahkan banyak musisi yang beralih profesi dengan menjual merchandise dari masing-masing band (grup musiknya) secara online, agar tetap dianggap eksis.

Sementara itu, dalam dua tahun tersebut, pemerintah lantas memfasilitasi para musisi untuk masuk ke platform digital sebagai bagian dari proses transisi.(ant/bil/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Rabu, 10 Agustus 2022
26o
Kurs