Kamis, 25 April 2024

Menpora: GBK Digunakan Relawan Karena Belum Renovasi untuk Piala Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/11/2022). Foto: Antara

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengungkapkan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dapat dipergunakan relawan Jokowi pada Sabtu (26/11/2022) untuk acara “Nusantara Bersatu”, karena belum menjalani renovasi untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

“Kalau mereka (Kementerian PUPR) sudah masuk, nah sampai dengan selesainya event (Piala Dunia U-20) itu tidak boleh digunakan. Yang kemarin kan PU (Kementerian PUPR) belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu,” kata Amali di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Melansir Antara, Amali mengklarifikasi pernyataannya pada beberapa waktu lalu yang menyebut Stadion GBK, Jakarta, tidak boleh digunakan hingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 usai pada 2023.

Menurut Amali, pernyataannya pada 2 November 2022 itu menyebutkan kondisi jika GBK telah memasuki masa renovasi.

“Apa yang pernah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu ketika waktu itu ada (konser) Blackpink dan lain-lain. Saya sampaikan kalau renovasi sudah dimulai. Renovasi itu ditandai oleh tim dari (Kementerian PUPR) PUPR masuk ke GBK, ke Stadion Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan Solo, Stadion GBT Surabaya, Stadion Wayan Dipta Bali, dan Jakabaring Palembang,” ujarnya.

Menpora mengatakan, renovasi stadion sepak bola yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 akan dimulai pada Desember 2022.

Sebelumnya, berbagai kelompok relawan Jokowi menggelar acara Nusantara Bersatu yang dihadiri oleh ribuan orang pada Sabtu kemarin, di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Penggunaan GBK oleh ribuan relawan tersebut memunculkan pertanyaan, karena sebelumnya Amali Menpora memberikan pernyataan bahwa stadion kebanggaan Indonesia itu tak boleh digunakan, bahkan oleh Tim Nasional Indonesia di Piala AFF.

Alasannya, karena akan dipersiapkan menjelang Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs