Kamis, 18 April 2024

Militer Jepang dan AS Latihan Bersama Merespons Uji Coba Rudal Balistik Korut

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Amerika Serikat dan Jepang melakukan latihan udara bersama yang melibatkan jet tempur, Sabtu (5/11/2022). dok/ antaranews.com

Amerika Serikat dan Jepang melakukan latihan udara bersama pada Sabtu (5/11/2022) yang melibatkan jet tempur di wilayah udara di atas Laut China Timur, tepatnya di barat laut pulau Kyushu di selatan Jepang, kata Kementerian Pertahanan Jepang.

Latihan bilateral diikuti Pasukan Bela Diri Jepang dan Angkatan Bersenjata AS. Latihan tersebut sebagai balasan tindakan provokatif Korea Utara, termasuk uji coba peluncuran rudal balistik secara berulang.

Menurut Kemenhan Jepang, latihan itu bermaksud menunjukkan kerja sama yang erat antara kedua negara sekutu.

Mengutip Antara yang bersumber OANA-Kyodo, pesawat yang terlibat dalam latihan tersebut adalah lima jet tempur F-2 dari Angkatan Udara Bela Diri Jepang, dan dua jet pembom strategis B-1B dan dua pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat.

Pasukan Jepang dan AS melakukan latihan udara bersama pada 4 oktober dan pada hari itu Korea Utara juga meluncurkan rudal yang terbang di atas bagian utara pulau utama Jepang, Honshu.(ant/tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs