Sabtu, 18 Mei 2024

Mobil Tertabrak KA di Perlintasan Tanpa Palang di Kediri, Penumpangnya Meninggal

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Lokasi mobil yang tertabrak KA di perlintasan tanpa palang pintu di Kediri pada Jumat (23/9/2022). Foto: Ipda Heru Prasetyo

Mobil Daihatsu Sigra Nopol W 1239 SR tertabrak kereta api Kertanegara dari Purwokerto menuju Malang pada Jumat (23/9/2022) sekitar pukul 00.40 WIB di perlintasan tanpa palang pintu yang berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Akibat kecelakaan ini, satu orang penumpang mobil bernama Achmad Buny Andaru (26 tahun) warga Dusun Paras, Desa  Banjarejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri meninggal dunia.

Sementara sopir mobil atas nama Ahmad Alwi Thohir (31 tahun) warga Perum GBA, Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren Kota Kediri mengalami luka dan masih menjalani perawatan di RS Gambiran, Kota Kediri.

Mobil Daihatsu Sigra yang tertabrak kereta api di perlintasan tanpa palang pintu di Kediri, Jumat (23/9/2022). Foto: Ipda Heru Prasetyo

Ipda Heru Prasetyo Kanitgakum Polres Kediri saat dihubungi suarasurabaya.net menjelaskan, saat kecelakaan terjadi tidak ada warga yang menjaga di perlintasan tersebut dikarenakan shift terakhir swadaya masyarakat berakhir pukul 22.00 WIB.

“Perlintasan KA tanpa palang pintu ini dijaga swadaya masyarakat. Masyarakat yang jaga secara bergantian pada pukul 06.00 – 18.00 WIB, kemudian 18.00 – 22.00 WIB. Selepas itu gak ada yang jaga,” ujarnya.

Kata Heru, kedua korban yang berprofesi sebagai guru ini masih satu keluarga.

Suprianto Manager Humas Daop VII Madiun dalam keterangan tertulis mengatakan, akibat kejadian tersebut perjalanan KA Kertanegara terganggu dan mengalami keterlambatan 23 menit.

Dalam keterangan itu pihaknya juga menyebut di wilayah Daop VII Madiun sampai saat ini terdapat 259 perlintasan kereta api dengan rincian 88 perlintasan terjaga, 127 perlintasan tidak terjaga, dan 44 tidak sebidang yang berupa fly over dan underpas.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version