Minggu, 28 April 2024

Nonton Iqbaal dkk Mencuri Lukisan Raden Saleh di Istana Negara

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Para pemain dan sutradara film Mencuri Raden Saleh usai menggelar konferensi pers, Sabtu (20/8/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Film berjudul Mencuri Raden Saleh garapan visinema menggelar roadshow pertamanya di Kota Surabaya. Film bergenre laga yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini berkisah tentang misi perampokan lukisan Raden Saleh yang berada di Istana Negara.

Angga Dwimas Sasongko sutradara film tersebut saat konferensi pers menjelaskan, film garapannya ini memiliki unsur percintaan, persahabatan, dan kekeluargaan, yang mana diisi oleh sederet aktor muda Indonesia.

“Di film Mencuri Raden Saleh ini penonton akan melihat masing-masing kepribadian tokoh yang diperankan oleh para aktornya,” kata Angga di Hotel Ciputra World, Sabtu (20/8/2022).

Sinopsis film Mencuri Raden Saleh, menceritakan seorang bernama Piko mahasiswa seni rupa yang mencari uang dengan memalsukan lukisan untuk membebaskan sang ayah dari penjara.

Namun, tiba-tiba Piko mendapat tawaran mencuri karya maestro Raden Saleh tentang penangkapan Pangeran Diponegoro yang dijaga ketat di Istana Negara.

Menyepakati tawa itu, akhirnya Piko membentuk tim yang berisi Ucup (hacker), Sarah (atlet bela diri), Gofar (mekanik), Tuktuk (pembalap liar) dan Fella (bandar judi kampur). Masing-masing mengincar uang yang ditawarkan sebagai imbalan dari pencurian tersebut.

Upaya pencurian mereka tentu dihadapkan dengan begitu banyak rintangan yang akan merenggut hal-hal berharga yang dimiliki. Selain itu, komplotan ini tidak tahu bahwa ada ancaman besar di balik pencurian lukisan tersebut.

Angga melanjutkan, jika dirinya mengaku film ini membutuhkan proses pengerjaan naskah yang cukup lama dan sangat kompleks. Kata dia, membutuhkan waku yang lama untuk riset di beberapa unsur film, terutama lukisan Raden Saleh.

“Saya sendiri saat itu belum pernah sekalipun melihat lukisan Raden Saleh yang asli, sehingga butuh waktu riset yang lama untuk objek utama dalam film ini,” katanya.

Bahkan, lukisan replika Raden Saleh itu sudah dibuat empat tahun sebelumnya. Saat itu Angga mengaku jika naskah filmnya sendiri belum ditulis, namun lukisannya sudah mulai dikerjakan.

Dalam film garapannya ini, dia ingin menonjolkan kelompok anak-anak muda dan ingin suara anak muda didengar. Adapula Iqbal Ramadhan pemeran Piko dalam film ini tidak merasa terlalu kesulian dalan memainkan aktingnya.

“Saya pribadi merasa beruntung bisa diberi kesempatan untuk memerankan Piko. Yang mana saya bisa mengeksplorasi lebih dalam tentang diri saya dan ada rasa berempati sama karakter ini,” kata Iqbal.

Sekedar diketahui, film yang mulai tayang di bioskop mulai tanggal 25 Agustus 2022 ini diperankan oleh berbagai aktor muda, antara lain: Iqbaal Ramadhan sebagai Piko (The Forger), Angga Yunanda sebagai Ucup (The Hacker), Aghniny Haque sebagai Sarah (The Brute), Ari Irham sebagai Tuktuk (The Driver), dan Umay Shahab sebagai Gofar (The Handyman). (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs