Sabtu, 20 April 2024

Pasar Kedungmaling Mojokerto Kebakaran, Dua Ruko dan Kantor UPT Ludes Dilalap Api

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kebakaran di Pasar Kedungmaling, Desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Senin (18/7/2022). Foto: Fuad Maja FM untuk suarasurabaya.net

Kebakaran terjadi di Pasar Kedungmaling, Desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Senin (18/7/2022). Fuad, reporter Maja FM melaporkan, sempat terdengar ledakan dari dalam warung.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Api pertama muncul dari sebuah warung makan yang berada di sisi barat Pasar Kedungmaling.

Api cepat membesar lantas merembet ke dua ruko dan satu kantor UPT yang berisikan panel listrik.

Fajar salah satu warga sekitar menyebut, api kali pertama muncul dari sebuah warung makan milik Bu Rus, yang ada di pasar Kedungmaling di sebelah barat.

Sempet terdengar satu kali ledakan sebelum akhirnya api meluas dan membakar ruko lain yang menjual gerabah dan juga kantor UPT yang ada di belakang warung makan.

“Satu kali terdengar ledakan, kemugkinan itu adalah tabung LPG,” ungkapnya.

Warga sekitar yang mengetahui hal itu, langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, sembari menunggu petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi.

Sementara para pedagang lain di sekitar kios yang terbakar panik berupaya menyelamatkan barang dagangannya.

Dia berujar, sebelum terbakar warung makan Bu Rus dalam keadaan tertutup. Lantaran pemilik warung pergi ke kondangan. Diduga pemilik warung lupa mematikan kompor saat ditinggal pergi.

“Biasanya tidak pernah tutup, tapi ini tadi ditinggal kondangan. Kemungkinan lupa mematikan kompor saat menghangatkan sayur,” sebutnya.

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di Pasar Kedungmaling, Desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Senin (18/7/2022). Foto: Fuad Maja FM untuk suarasurabaya.net

Sementara itu, AKP Sohibul Yakin Wakapolsek Sooko mengatakan, dugaan sementara kebakaran disebabkan dari kompor di warung makan milik Ros. Lantaran pemilik warung lupa mematikan kompor saat ditinggal ke kondangan.

“Dugaan penyebabnya dari kompor warung itu, tadi katanya pas masak ditinggal buwuh (kondangan),” kata Wakapolsek di lokasi.

Wakapolsek memastikan tidak ada korban jiwa dalam ledakan ini. Sementara untuk penyebab ledakan disinyalir berasal dari tabung gas LPG. Lantaran ledakan terjadi setelah kios terbakar.

“Ledakan dari LPG, sudah kami lihat juga, sudah diamankan. Untuk kerugian masih kita data,” tandasnya.

Dalam peristiwa ini, setidaknya terdapat lima unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan lokas kejadian untuk berusaha memadamkan api.

Pantaun di lokasi petugas sempat kesulitan melakukan proses pemadaman lantaran banyaknya warga yang berusaha mengetahui kondisi pasar. Api berhasil dipadamkan setelah satu jam petugas datang ke lokasi kejadian.(fad/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs