Minggu, 28 April 2024

Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut di Katingan Kalteng roboh

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kondisi patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut pasca roboh. Patung itu terletak di tengah bundaran perkantoran Bupati Katingan di Kasongan, Sabtu (18/6/2022). Foto: Antara

Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang terletak di tengah bundaran perkantoran Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, roboh diduga akibat angin kencang.

“Penyebab robohnya sebagian patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut diduga akibat angin kencang yang terjadi pada Sabtu (18/6/2022) dini hari tadi,” kata Pransang Sekretaris Daerah Katingan kepada para wartawan di Kasongan, Sabtu siang.

Dia memperkirakan penyebab lainnya karena konstruksi kerangka besi yang ada di dalam patung tokoh kebanggaan masyarakat Kalimantan Tengah itu, mengalami pengeroposan karena termakan usia.

“Patung tersebut dibangun pada 2008 jadi sudah cukup lama berdiri. Diperkirakan kerangka besi di dalam patung sudah keropos dimakan usia,” ucapnya.

Pransang menyebut pihaknya telah menghubungi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, untuk melakukan pengecekan teknis secara langsung terhadap kondisi patung dan penyebab robohnya. Dinas PUPR pun diminta mengkaji apakah patung itu masih bisa dibangun kembali.

Sementara itu, lanjut dia, peristiwa itu sudah dilaporkannya ke Sakariyas Bupati Katingan yang meminta agar kondisi patung tidak dibiarkan berlama-lama seperti itu.

Dia menegaskan, robohnya patung Gubernur Kalimantan kedua periode 30 Juni 1958-Februari 1967 bukan karena faktor lain seperti sengaja dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Jangan kita berpikir bahwa kejadian ini karena ada unsur lain. Peristiwa robohnya patung tersebut murni karena dimakan usia, terbukti pada bagian pondasi saya lihat banyak yang retak-retak,” tegasnya.

Robohnya bagian pinggang ke atas patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang berada di tengah bundaran perkantoran Bupati Katingan itu, diperkirakan terjadi pada Sabtu dini hari. Sejak berdiri, patung ini telah menjadi ikon kebanggaan masyarakat Katingan.

Peristiwa tersebut menjadi viral di media sosial. Netizen yang sebagian besar warga Katingan berharap agar pemerintah daerah segera memperbaikinya atau membangun kembali patung tersebut dengan lebih kokoh dan kuat. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs