Selasa, 27 September 2022

PDIP Gelar Pawai Kirab Jelang Upacara HUT ke-77 RI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Upacara HUT RI Ke-77 yang digelar DPP PDIP Perjuangan diawali dengan kirab, Rabu (17/8/2022). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Peringatan Perayaan HUT RI Ke-77 yang digelar DPP PDIP Perjuangan diawali dengan kirab. Peserta kirab 17 Agustus 2022 berjalan menuju Sekolah Partai dengan rangkaian Marching Band, Penari Bali dan perwakilan Badan dan Sayap DPP Partai.

“Unsur budaya selalu menjadi bagian dari seremoni yang dilaksanakan Partai. Itu juga sebagai satu perwujudan spirit Trisakti, berkepribadian dalam kebudayaan” ujar Yoseph Aryo Adhi Dharmo Kepala Sekretariat PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (17/8/2022).

Meskipun kirab digelar sejak pukul 07.00 WIB, para peserta terlihat penuh semangat. Ada senyum yang ditebar apalagi dengan nuansa warna merah putih dan hitam yang dominan ditambah lagi langkah elegan para penari Bali. Meskipun mereka berjalan hampir 300 meter menuju Sekolah Partai. Sebagian peserta sambil mengibar-ibarkan bendera Merah Putih.

Adhi yang ikut kirab menyebutkan saat peserta kirab tiba dilanjutkan dengan upacara bendera di halaman Sekolah Partai yang akan dipimpin oleh Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP .

“Sejumlah unsur pimpinan DPP PDI Perjuangan bersama Sekretariat Partai dan pengurus Partai wilayah Jakarta Selatan ikut bagian dalam upacara,” jelas Adhi.

“Seperti tahun lalu, Sekjen PDI Perjuangan akan membacakan pidato politik terkait peringatan HUT kemerdekaan,” tambahnya.

Hasto Kristiyanto menjelaskan dirinya atas arahan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP akan membacakan pidato politik terkait peringatan HUT ke-77 RI.

“Akan ada sejumlah amanat dan pesan Ibu Megawati khususnya kepada para kader PDI Perjuangan,” ucapnya.

Pria asal Yogyakarta itu menambahkan usai upacara PDIP menggelar berbagai perlombaan khas 17 Agustus dengan melibatkan internal Partai dan masyarakat sekitar.

“Setelah beberapa tahun karena pandemi Covid dimana agenda 17an dibatasi, untuk tahun ini, PDI Perjuangan mengajak warga sekitar untuk kembali ikut meramaikan ulang tahun ke-77 Republik Indonesia,” ucap Hasto.

Hasto menceritakan saat lomba 17an yang diselenggarakan PDIP, dirinya beberapa kali mengikuti perlombaan.

“Saya pernah ikut antara lain lomba makan kerupuk, lomba egrang, lomba balap sarung dan balap karung. Semua momen itu terjadi tahun-tahun sebelum pandemi,” papar Hasto sambil tersenyum.

Namun, dia belum memutuskan apakah hari ini dirinya akan ikut perlombaan.

“Kami berharap dengan seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-77 Republik Indonesia, akan semakin menebalkan semangat nasionalisme di tengah masyarakat di seluruh penjuru Nusantara. Dan semoga kita bisa bangkit bersama setelah pandemi Covid,” pungkas Hasto.(faz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
30o
Kurs