Sabtu, 21 Mei 2022

Pemerintah Sediakan Layanan Konsultasi dan Obat Gratis untuk Pasien Omicron yang Isolasi Mandiri

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Warga yang sedang terpapar Covid-19 dan isolasi mandiri di rumah, memasang pengumuman tidak menerima tamu. Foto: Istimewa

Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  menyediakan layanan telemedisin khusus untuk pasien positif Covid-19 Varian Omicron yang menjalani isolasi mandiri.

Dengan layanan tersebut, pasien bisa melakukan telekonsultasi dengan dokter dan mendapat paket obat terapi penyembuhan Covid-19 tanpa perlu membayar alias gratis.

Layanan telemedisin untuk orang yang isolasi mandiri perlu mengakses website https://isoman.kemkes.go.id/.

Sampai hari ini, Kamis (27/1/2022), Kementerian Kesehatan sudah bekerja sama dengan 17 penyedia aplikasi telemedisin.

Antara lain, Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Siti Nadia Tarmizi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes mengatakan, untuk mendapatkan layanan itu, pasien harul tes PCR di laboratorium yang terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes.

“Kalau hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kemenkes, maka pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan tanda centang hijau) secara otomatis,” ujarnya di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Tapi, kalau tidak mendapatkan notifikasi lewat aplikasi WhatsApp, pasien bisa memeriksa Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Selanjutnya, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter yang ada di salah satu dari 17 penyedia layanan telemedisin.

Caranya, tekan link yang ada di pesan WhatsApp dari Kemenkes atau di link yang muncul waktu pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu masukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan mendapat paket obat gratis.

“Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien. Resep bisa ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat,” imbuhnya.

Dokter Nadia menegaskan, cuma pasien dengan kategori layak isolasi mandiri (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan) yang bisa mendapatkan obat dan vitamin gratis.

Obat gratis yang bisa didapatkan pasien berupa Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet.

Sedangkan Paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg 40 tablet, dan parasetamol tablet 500mg kalau dibutuhkan.

Menurut Siti Nadia, paket obat tersebut disesuaikan dengan resep salah satu dari 17 layanan telemedisin. Kalau ada obat di luar paket itu, pasien harus menebus dan membayar di luar layanan telemedisin.

Lebih lanjut, dia menjelaskan sasaran layanan telemedisin isolasi mandiri perawatan Omicron adalah pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, dengan kondisi rumah layak isolasi mandiri, menjalani pemeriksaan dan berdomisili di wilayah Jabodetabek.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 21 Mei 2022
27o
Kurs