Sabtu, 8 Oktober 2022

Pemkab Malang Optimalisasikan Potensi Wisata Rohani Gunung Kawi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
M Sanusi Bupati Malang. Foto: Antara

Pemerintah Kabupaten Malang berupaya melakukan optimalisasi potensi wisata rohani di kawasan Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari. Upaya ini diharapkan mampu menjadi penopang pengembangan sektor pariwisata di wilayah tersebut.

Melansir Antara, M Sanusi, Bupati Malang dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022), mengatakan kawasan Gunung Kawi selama ini tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata skala regional, namun juga pada tingkat nasional dan internasional.

“Kawasan Gunung Kawi selama ini telah dikenal sebagai destinasi wisata rohani dan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat maupun Kabupaten Malang jika potensi ini dapat dimaksimalkan,” kata Sanusi.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan membangkitkan kembali sektor pariwisata melalui wisata rohani Gunung Kawi. Sektor pariwisata selama dua tahun terakhir terdampak pandemi virus Corona.

Sanusi menjelaskan PemKab Malang tidak dapat bergerak sendiri dalam upaya untuk melakukan optimalisasi sektor pariwisata rohani di kawasan Gunung Kawi tersebut. Peran serta masyarakat setempat, termasuk kelompok dan pemerhati warisan budaya sangat diperlukan. Jika peranan masyarakat bisa dioptimalkan, maka dampaknya akan dirasakan oleh wilayah Kabupaten Malang.

“Ke depan tercapainya cita-cita itu tidak hanya memberikan dampak kepada penduduk sekitar, melainkan juga Bumi Kanjuruhan yang kita cintai ini secara keseluruhan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sanusi menghadiri pergelaran wayang kulit dalam rangka peringatan Khoul Eyang Raden Mas Imam Soedjono di area Pesarean Gunung Kawi. Ia berharap, pagelaran itu bisa menjadi semangat untuk membangkitkan wisata rohani di wilayah itu.

“Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk meningkatkan kembali semangat kebangkitan wisata rohani di kawasan Gunung Kawi,” katanya.

Ia menambahkan Eyang Raden Mas Iman Soedjono merupakan sosok yang membawa perubahan besar di wilayah sekitar Kecamatan Wonosari dan utamanya kawasan wisata rohani Gunung Kawi.

Wilayah Gunung Kawi di Kabupaten Malang terkenal dengan keberadaan pesarean atau permakaman yang dikeramatkan. Terdapat dua tokoh yang dimakamkan di wilayah tersebut yakni Raden Mas Imam Soedjono dan Kanjeng Kyai Zakaria II.

Keduanya merupakan tokoh bangsawan yang ikut menentang penjajah di bawah kepemimpinan Pangeran Diponegoro. Selama hidup, kedua tokoh itu membantu menyebarkan Islam. Pada 1 Muharram atau 1 Suro, banyak peziarah yang datang ke area pesarean tersebut. (ant/gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Sabtu, 8 Oktober 2022
26o
Kurs