Senin, 29 April 2024

Pemkot Surabaya Anggarkan Rp13 Miliar untuk Kurangi Beban Pompa Grahadi

Laporan oleh Retha Yuniar
Bagikan
Eri Cahyadi Walikota Surabaya mengecek gorong-gorong di Surabaya, Senin (18/7/2022) Foto : Retha Yuniar suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya membangun saluran air dengan sistem crossing drainase untuk mengurangi beban pompa air Grahadi. Targetnya, rampung sebelum 7 Desember 2022.

Berdasarkan pengecekan langsung dan turun ke dua gorong-gorong, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengidentifikasi beban pompa air Grahadi terlalu berat. Karena menerima limpahan air dari Panglima Sudirman yang menjadi muara aliran air dari kawasan Joko Dolog dan arah sebaliknya di kawasan Kayoon.

“Ini (Panglima Sudirman) seharusnya ada aliran air yang bisa mengalir langsung ke sini (Kayoon),” kata Eri, Senin (18/7/2022).

Salurannya ada, tapi tidak saling terkoneksi. Hal inilah yang menyebabkan kawasan Joko Dolog kerap tergenang.

Eri menyampaikan bahwa penanganan persoalan banjir tidak dapat diselesaikan secara parsial. Harus sistemik.

Menurutnya, drainase di kawasan Panglima Sudirman dan Kayoon tidak perlu diarahkan ke Grahadi, karena bisa langsung diarahkan menuju sungai kalimas.

“Kalau sudah dekat dengan sungai, lapo atek diputer wadoh (mengapa diputar jauh) ke rumah pompa Grahadi. Yo banjir. Gak kuat,” paparnya.

“Kalau dulu kuat, tapi sekarang ketika semakin banyak bangunan, semakin banyak rumah penduduk kan bebannya beda,” imbuhnya.

Makanya, lanjut Eri, kita potong ke beberapa riol (Jaringan saluran pembuangan air kotor peninggalan Belanda) untuk langsung diarahkan ke sungai terdekat.

“Jadi ketika ada hujan aliran airnya sudah langsung terkoneksi satu dengan lainnya. Ternyata kalau banjir itu, yo itu mau koneksi salurannya belum baik antara satu dengan yang lain,” urainya.

Proyek pembenahan dan crossing drainase ini ditargetkan rampung pada 7 Desember 2022 mendatang dengan anggaran Rp13 miliar.

“Di Embong Kenongo itu 13 miliar. Jadi dari Panglima Sudirman sampai seberangnya kita buatkan saluran, itu masuk ke Kenari,” kata Eri.

Pengerjaan ini dikebut untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan yang diramalkan akan datang pada Oktober -Februari.

“Kalaupun nanti proses nya belum 100 persen selesai, tapi salurannya sudah berhasil terkoneksi,” pungkasnya. (tha/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs