Jumat, 29 Maret 2024

Pemkot Surabaya dan BBWS Brantas Kolaborasi Menata Wisata Air

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Sungai Kalimas akan ditata ulang jadi destinasi wisata air di Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Jawa Timur, akan berkolaborasi menata sungai Kalimas sebagai tempat wisata air.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya tidak hanya menyampaikan keinginannya menata Sungai Kalimas untuk wisata air. Akan tetapi, ia juga menyampaikan soal penanganan banjir di Kota Pahlawan.

“Insyaallah, kita akan berkolaborasi. Bukan hanya menata sungai Kalimas sebagai tempat wisata air, akan tetapi kami juga berkolaborasi bagaimana mengatasi banjir di Surabaya,” kata Eri Cahyadi, Senin (14/2/2022) .

Eri menjelaskan, nantinya wisata air di sungai Kalimas itu akan ada beberapa fasilitas penunjang. Di antaranya ada perahu, tempat bermain untuk anak-anak dan lain sebagainya. Ketika ditanya seperti apa dan kapan rencana dimulainya penggarapan wisata tersebut, ia tidak menjelaskan secara rinci.

“Rahasia. Kita buat kejutanlah untuk warga Surabaya. Saya ingin menunjukkan keindahan kota ini dengan sungainya,” ujarnya.

Sementara itu, Haeruddin C Maddi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Jatim mengatakan, setelah berdiskusi selama 30 menit bersama Eri Cahyadi. Haeruddin menyambut baik rencana kolaborasi merestorasi sungai di Kota Surabaya.

Haeruddin menjelaskan, sebelum dijadikan wisata air, pihaknya terlebih dahulu berupaya melakukan pengendalian banjir di Kota Surabaya. “Kira-kira, nanti Kalimas itu kita restorasi untuk wisata, ada jogging track-nya, ada ruang terbuka hijau (RTH) juga. Pada intinya nanti dipercantik,” jelas Haeruddin.

 Haeruddin masih belum bisa memastikan kapan pelaksanaan penataan sungai Kalimas ini dimulai. Karena, pada saat ini ia masih fokus menyelesaikan permasalahan banjir terlebih dahulu.

“Penataan ini bukan hanya tugas BBWS Brantas, nanti kita kolaborasikan jadi satu, bersama Pemkot Surabaya. Kami menyambut baik, karena saya punya obsesi yang sama dengan Pak Wali, saya terkesan dengan idenya,” kata Haeruddin.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs