Rabu, 10 Agustus 2022
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya Bersama Rob Fenn Wakil Duta Besar Inggris

Pemkot Surabaya Perpanjang MoU Sister City dengan Liverpool, Fokus Edukasi Anak Inklusi

Laporan oleh Retha Yuniar
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya Bersama Rob Fenn Wakil Duta Besar Inggris dalam video siaran pers, Selasa (28/6/2022) Foto : Tangkapan Layar

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memutuskan untuk memperpanjang MoU Sister City antara Kota Surabaya dan Liverpool, United Kingdom (UK).

“Hari ini sebenarnya berakhir, tapi kita akan membuat MoU baru antara Surabaya dengan Liverpool yang InsyaAllah akan berlanjut kerja sama sister city ini,” ujar Eri Cahyadi, Selasa (28/6/2022)

Dalam pembaruan perjanjian kerja sama Sister City antara Surabaya dan Liverpool, kedua belah pihak telah bersepakat dan merancang program edukasi untuk anak-anak inklusi.

Kota pelabuhan kedua Kerajaan Britania ini akan memfasilitasi anak-anak inklusi dari 135 sekolah di Surabaya untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring yang akan dipandu langsung oleh tenaga pendidik dari Liverpool, UK.

“Akan diselenggarakan secara webinar. Anak-anak inklusi ini nanti akan dipandu langsung oleh teman-teman dari liverpool,” ujarnya.

Eri menyatakan bahwa ini bukanlah kerja sama pertama di bidang edukasi. Sebelumnya pada tahun 2019, Surabaya pernah mengirimkan guru dan siswa untuk menimba ilmu di UK.

Seusai pandemi, kerjasama bilateral dua negara di bidang edukasi ini akhirnya meluas dan mulai menyentuh hak-hak pendidikan anak inklusi.

Tak hanya dari sektor pendidikan, kerja sama bilateral dua Kota besar ini juga melingkupi olahraga sepak bola.

“Sebelumnya juga ada pelatihan sepak bola. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan dan sebagainya,” imbuh Wali Kota Surabaya.

Selain itu, perpanjangan kerja sama ini juga membahas tentang sistem transportasi massal yang bekerja sama dengan PT Industri Kereta Api untuk mengintegrasikan akses kereta di Surabaya Gresik dan Sidoarjo.

“Harapannya semoga Surabaya Raya bisa saling terkoneksi antara satu dengan yang lainnya,” tuturnya.

Mantan Kepala Bapeko ini memutuskan untuk memperpanjang kerja sama karena menilai kerjasama bilateral antara Surabaya dan Liverpool memiliki banyak dampak positif terhadap perkembangan Kota Pahlawan.

“Dengan perpanjangan MoU ini maka InsyaAllah akan kami perluas lagi kerja sama yang bisa kami lakukan yang dampaknya bisa langsung kita rasakan dan bermanfaat bagi masyarakat Surabaya, ” pungkasnya.(tha/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Rabu, 10 Agustus 2022
25o
Kurs