Selasa, 16 April 2024

Pengamat Saran Tambah Penerbangan di Bandara Ngurah Rai Jelang KTT G20

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara saat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Foto: Biro Pers Setpres

Arista Atmadjati pengamat penerbangan menyarankan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) atau operator bandara PT Angkasa Pura I (Persero) agar menambah kapasitas penerbangan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, sebagai upaya mengakomodir kedatangan delegasi KTT G20.

“Utamanya penerbangan internasional. Menjelang KTT G20 Indonesia, pasti trafik dan frekuensi penumpang serta bagasi akan naik secara signifikan,” kata Arista kepada Antara, Sabtu (1/10/2022).

Arista mengatakan, trafik penerbangan internasional ke Bali akan meningkat seiring kedatangan delegasi dan pendamping negara-negara anggota G20. Ia memprediksi, sejumlah delegasi beberapa negara akan masuk ke Indonesia melalui Singapura.

Namun demikian, pengamat dari Arista Indonesia Aviation Center (AIAC) itu meminta agar jumlah penerbangan resmi kenegaraan dan komersial dapat diatur secara adil. Selain itu, lanjut dia, trafik penerbangan internasional dan domestik juga perlu diatur sesuai kebutuhan agar tidak terjadi ketimpangan.

“Saran saya slot padat diatur yang adil, jangan slot pesawat komersial dikorbankan dan akhirnya mengecewakan turis mancanegara,” ujarnya.

Terkait manajemen penerbangan dan bandara, Arista menilai tidak ada masalah berarti lantaran PT Angkasa Pura pernah menangani penerbangan dalam rangka event besar di Indonesia, seperti Asian Games 2018 dan MotoGP Mandalika pada Maret lalu.

“Slot (penerbangan) sekarang lebih mudah di-approve karena semua sudah computerized system, jadi tidak ada masalah. Kita punya pengalaman dua event besar Asian Games dan MotoGP di Lombok. Kira-kira penanganannya seperti itu,” katanya.

Seperti diketahui, Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi meminta kepada Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan untuk menambah alokasi pemesanan tiket pesawat internasional menuju Bali, menjelang perhelatan G20 Indonesia.

Luhut mengatakan, jumlah wisatawan domestik menuju Bali juga terus mengalami peningkatan.

Sementara itu, Wayan Koster Gubernur Bali mengaku telah mengajukan kepada Menhub untuk menambah penerbangan menuju Bali sekaligus menurunkan harga tiket pesawat. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
34o
Kurs