Jumat, 19 April 2024

Pengembangan PAUD di Surabaya Terintegrasi dengan 16 Perangkat Daerah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Rini Indriyani Ketua Bunda PAUD Kota Surabaya. Foto Diskominfo Surabaya

Pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), telah diintergrasikan dengan dengan 16 perangkat daerah (PD) Kota Pahlawan.

“Yang tadinya hanya berkaitan dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-PPKB), kini ada 16 PD terkait yang kami implementasikan,” kata Rini Indriyani Ketua Bunda PAUD Kota Surabaya, Selasa (10/12/2022) dikutip Antara.

Adapun 16 PD di antaranya Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kesehatan (Dinkes) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) serta masih banyak lainnya.

Nantinya, lanjut Rini, para guru PAUD itu akan menerima dan bisa memilih materi dari masing-masing dinas tersebut. Murid PAUD akan mendapat wawasan baru mengenai berbagai bidang profesi lain.

“Dengan cara itu maka karakter anak akan terbentuk sejak dini. Misalnya, nanti mereka (guru dan murid) berkunjung ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). Di sana mereka bisa belajar cara bertani, belajar bagaimana susahnya menanam padi dan sebagainya,” ujarnya.

“Ini sangat penting sekali, karena bukan hanya pada anak-anak dan guru saja, akan tetapi juga melibatkan orang tua. Misalnya dari Diskominfo, ada pelatihan pendidikan IT kepada guru dan orang tua, agar mereka melek digital, karena di era seperti saat ini anak TK saja sudah pegang Hp,” kata Istri Eri Cahyadi Wali Kota itu.

Ketika semua terintegrasi, tambahnya, siapapun Bunda PAUD-nya maka pendidikan karakter pada anak-anak di Surabaya bisa berkelanjutan.

“Karena dalam mendidik anak bukan hanya tanggungjawab guru, tetapi juga harus ada ada peran serta dari orang tua,” pungkas Rini. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs