Jumat, 26 April 2024

Perbaikan Pipa Blauran Kidul Surabaya Selesai Oktober 2022

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Keran air. Foto: Shutterstock

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada menargetkan perbaikan pipa air bersih di kampung Blauran Kidul Gang 1, Surabaya Jawa Timur, selesai pada bulan Oktober 2022.

Arif Wisnu Cahyono, Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya mengatakan saat ini sedang dalam proses lelang pengerjaan perbaikan pipa di kampung Blauran Kidul Gang 1.

“Kami targetkan pengerjaan selesai pada Oktober, setidaknya tahun ini selesailah,” ujar Arif Wisnu Cahyono, seperti dikutip Antara, Sabtu (6/8/2022).

Menurutnya, perbaikan pipa di kampung Blauran Kidul Gang 1 tersebut bagian dari rehabilitasi 31 Km pipa PDAM di wilayah pusat Kota Surabaya.

“Sejak kami menetapkan rehabilitasi pipa 150 km, mata kami semakin terbuka. Ternyata di tengah kota masih banyak pipa-pipa kecil ukuran 1 inch sampai 2 inch. Tahun ini, kami tuntaskan dulu rehabilitasi 31 Km pipa-pipa kecil itu,” ujarnya.

Sebelumnya, selama 10 tahun sekitar 20 rumah di kampung Blauran Kidul Gang 1 tidak mendapatkan air PDAM akibat jaringan pipa yang rusak.

Sehingga warga membeli air dari pedagang keliling, untuk keperluan mencuci, masak, mandi dan keperluan rumah tangga lainnya. Setiap bulan mereka menghabiskan uang Rp500 ribu sampai Rp600 ribu.

Bahkan warga juga mengatakan, meski tidak mendapatkan aliran air PDAM, mereka tetap harus membayar biaya abonemen yang nilainya bertambah mahal dari sekitar Rp18 ribu menjadi Rp60 ribu, sejak Mei 2022.

Namun keluhan para warga tersebut telah disampaikan ke Anas Karno, Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya saat mendatangi perkampungan tersebut. (ant/des/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs