Rabu, 8 Mei 2024

Peserta PPDB SMA/SMK Jatim Bisa Mengunggah Nilai Rapor Secara Mandiri Saat Pengambilan PIN

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa saat meninjau pelaksanaan Proses PPDB di salah satu SMA, Kamis (2/6/2022). Foto: Istimewa

Pemerintah Provinsi Jawa Timur resmi membuka Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA dan SMK Negeri mulai hari ini, 2 Juni sampai dengan 8 Juli 2022 mendatang dengan sistem online melalui laman ppdb.jatimprov.go.id.

Proses daftar ulang dan verifikasi keaslian berkas bagi peserta didik yang telah diterima dilaksanakan dengan hadir secara langsung di sekolah tujuan mulai 7 sampai dengan 8 Juli 2022.

Sementara untuk pengambilan PIN (Personal Identification Number) yang digunakan untuk proses PPDB, dibuka hingga tanggal 18 Juni 2022 mendatang.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan, ada kebijakan baru yang diterapkan dalam PPDB Jenjang SMA dan SMK Negeri kali ini.

“Peserta didik dapat mengunggah nilai rapor secara mandiri pada saat pengambilan PIN mulai 2 sampai 18 Juni 2022. Hal tersebut berlaku jika nilai rapornya belum diunggah atau tidak diunggah oleh sekolah asal,” ujar Khofifah.

Bagi siswa lulusan SMP Luar Biasa (SMP-LB), lanjutnya, dapat mendaftar pada SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur, dengan ketentuan penyandang disabilitas dengan keterbatasan ringan, mendaftar melalui jalur afirmasi, mengunggah surat keterangan dari Psikolog, Psikiater, atau Dokter Spesialis dan surat keterangan dari Kepala Sekolah asal yang menerangkan jenis ketunaan siswa melalui laman ppdb.jatimprov.go.id.

“Pendaftaran bagi peserta didik disabilitas pada PPDB Jatim 2022, dilakukan mulai tanggal 20 sampai dengan 21 Juni 2022,” tuturnya.

Sementara pendaftaran SMA/SMK swasta bisa dilakukan mulai tanggal 11 sampai 16 Juli 2022. Bisa dilakukan bagi peserta didik yang tidak diterima pada PPDB SMA dan SMK Negeri Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2022/2023.

Sedangkan pada jenjang Sekolah Luar Biasa (SLB), yang juga menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Proses PPDB-nya tidak melalui PPDB online.

Siswa jenjang SLB yang meliputi TK-LB, SD-LB, SMP-LB dan SMA-LB mendaftar secara offline, dengan datang langsung ke SLB yang menjadi tujuannya.

“Untuk peserta didik yang bersekolah di SLB, dapat mulai mendaftar secara langsung di sekolah mulai hari Senin, 4 Juli 2022 sampai dengan hari Sabtu, 27 Agustus 2022,” tutupnya.

Ada lima jalur PPDB Jatim 2022 yang dibuka untuk jenjang SMA/SMK yaitu jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, prestasi hasil lomba, prestasi nilai akademik, dan zonasi SMA.(man/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
29o
Kurs