Jumat, 19 April 2024

Pilot Citilink Meninggal Mendadak Setelah Berhasil Lakukan Emergency Landing

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Instagram @citilink

Kapten Boy Awaliyah (48) Pilot yang menerbangkan Pesawat Citilink QG307 rute penerbangan Surabaya-Makassar, meninggal mendadak setelah berhasil melakukan pendaratan darurat (emergency landing) di Bandara Juanda Surabaya, di Sidoarjo pada Kamis (21/7/2022) pagi.

Yuristho Ardi Hanggono Humas PT Angkasa Pura I, pada Radio Suara Surabaya, Kamis siang menjelaskan awalnya Pesawat Citilink QG307 tersebut, melakukan take off dengan baik pukul 06.10 WIB dari Bandara Juanda Surabaya.

Namun selang 12 menit kemudian, yakni pukul 06.22 WIB, pesawat tersebut meminta izin (request) kepada menara tower di Bandara Juanda untuk melakukan emergency landing.

“Ada Request karena pilot pesawat atas nama Kapten Boy Awaliyah mengalami incapacity (sakit di atas pesawat). Setelahnya pesawat landing pukul 06.56 WIB di Bandara Juanda lagi, dan disitu para petugas kami seperti ‘Airport Rescue Fire Fighting’ yang sudah standby langsung melakukan upaya penanganan. Akhirnya setelah selesai semua prosedur pendaratan, pilot atas nama Kapten Boy Awaliyah dievakuasi oleh tim PKP-PK (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran) untuk dibawa ke rumah sakit terdekat,” terangnya.

Namun, lanjut Yuristho, berdasarkan konfirmasi dari pihak Citilink, Kapten Boy Awaliyah dikabarkan telah meninggal dunia setelah dievakuasi ke rumah sakit. “Informasi terakhir yang kami terima dari keterangan resmi pihak Citilink pilot meninggal dunia, dan kami menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya Kapten Boy,” terangnya.

Sementara itu, setelah emergency landing, para penumpang Pesawat Citilink QG307 rute penerbangan Surabaya-Makassar langsung diarahkan ke ruang tunggu, untuk selanjutnya menunggu pesawat pengganti diberangkatkan pukul 10.58 WIB menuju ke tujuan, lengkap dengan kru yang sudah diganti.

Peristiwa emergency landing tersebut, tidak sampai menyebabkan gangguan pada seluruh penerbangan lain di Bandara Juanda Surabaya. (bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs