Jumat, 29 Maret 2024

Platform Learning X, Siap Cetak Talenta Digital Berkualitas

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Wikan Sakarinto, Pakar Pendidikan Vokasi Indonesia, Selasa (21/6/2022). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pendidikan Vokasi bersama Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) melaksanakan Workshop Learning X bertema “Menyiapkan Jutaan Talenta Digital Indonesia dengan Kurikulum Merdeka SMK dan Platform Learning X.”

Dengan menghadirkan Wikan Sakarinto, Pakar Pendidikan Vokasi Indonesia. Wikan menjelaskan Learning X adalah program edukasi berbasis digital yang bertujuan untuk menciptakan talenta digital yang berkualitas.

“Metode yang akan kami berikan kepada siswa 70 persen praktik dan 30 persen teori atau Conceptual Learning,” jelas Wikan di hadapan 250 peserta yang terdiri guru SMK se-Jawa Timur di Auditorium Gedung Pascasarjana PENS, Selasa (21/6/2022).

Platform yang berasal dari Korea ini juga menggandeng brand-brand besar dari negara asalnya.

“Kami juga bekerja sama dengan beberapa industri yang berkaitan dengan program kami. Di sini tidaklah hanya sekadar untuk membuat siswa memiliki ilmu dan keahlian yang sudah dipelajari di Learning X, namun kami ingin setelah siswa-siswi SMK ini lulus dan telah menyelesaikan tugasnya di Learning X, anak-anak dapat bekerja di perusahaan yang telah bekerja sama dengan kami,” ujarnya.

Sementara itu, Amang Sudarsono Wakil Direktur PENS Bidang Kerjasama dan Teknologi juga turut mengembangkan riset dalam hal serupa yang membantu sistem pembelajaran secara daring.

Amang mengatakan, dengan mengadaptasi sistem pembelajaran ini, PENS melakukan kolaborasi dengan Learning X dan guru SMK dengan harapan dapat mengasah kemampuan para siswa dalam adaptasi perkembangan teknologi.

“Targetnya para talenta bidang digital dari lulusan sekolah vokasi untuk menggunakan platform Learning X, sebagai platform yang komprehesif, Learning X juga telah berhasil mengantarkan kerja sama industri hingga tingkat internasional,” pungkasnya.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs