Jumat, 19 April 2024

PLN Evakuasi Sarang Burung Elang di Jaringan SUTET Paiton

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
PLN mengevakuasi sarang burung elang pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV T.03 Paiton-Kediri dan T.02 Paiton-Grati. Foto: Antara

PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Probolinggo, Jatim, menggandeng Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim mengamankan sarang elang di jaringan listrik.

Didik F Dakhlan General Manager PLN UIT JBM mengatakan, sarang burung elang itu berada pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV T.03 Paiton-Kediri dan T.02 Paiton-Grati.

Sarang burung elang itu, kata dia, sangat berbahaya bagi Sistem Transmisi Jawa-Bali maupun keberlangsungan elang itu sendiri, karena berada di sekitar lokasi yang bertegangan ekstra tinggi.

“Kami telah melakukan pengambilan sarang burung tersebut, dan merupakan salah satu penyebab gangguan dari eksternal atau faktor alam, sehingga kami harus mengeksekusi agar tidak terjadinya gangguan saat menyalurkan listrik ke pelanggan,” jelas Didik, Kamis (11/8/2022) mengutip Antara.

Didik mengatakan, PLN khawatir apabila burung elang itu membawa makanan seperti ular dan mengenai penghantar, sehingga bisa membuat listrik padam.

“Dalam pengambilan sarang elang, kami mengerahkan Tim Pemeliharaan Jaringan dari Unit Layanan Transmisi dan GI (ULTG) Probolinggo dan disaksikan langsung oleh BBKSDA dan LSM Lestari,” katanya.

Pengambilan, kata dia, berjalan aman dengan mengerahkan 22 personel gabungan UPT Probolinggo maupun BBKSDA, dan dengan melihat situasi terlebih dahulu, yakni menunggu tidak adanya burung elang di lokasi sarang.

“Sarang burung elang itu, sudah ada sejak tahun 2020, namun PLN harus mendapatkan izin dari BBKSDA, karena elang merupakan satwa yang dilindungi. Keberadaan elang itu pun sempat menyebabkan gangguan sesaat pada 22 Juli 2022, karena kotoran yang menempel pada penghantar,” katanya.

PLN, kata dia, berusaha menjaga sistem penyaluran tenaga listrik, dibarengi dengan menjaga keberlangsungan hidup satwa, salah satu caranya adalah mencegah elang membuat sarang di tower PLN, karena membahayakan keberlangsungan hidup satwa.

Wiwin Sepiastini, S. Hut Plh Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI BBKSDA mengapresiasi upaya PLN yang bekerja sama dengan lembaganya, dan selanjutnya apabila ada pekerjaan seperti ini, BBKSDA siap membantu dan berkolaborasi.

“Kami ingin menyampaikan bahwa elang merupakan salah satu jenis hewan yang dilindungi karena populasi nya yang hampir punah, maka dari itu kami mengimbau PLN agar turut menjaga keberlangsungan hidup satwa,” katanya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs