Jumat, 29 Maret 2024

PMI Surabaya Kumpulkan 8 Ribu Kantong Darah Melalui Kegiatan Sosial

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kegiatan sosial Donor Darah PMI Surabaya hasilkan 8.252 kantong darah, Sabtu (16/4/2022). Foto: Humas UDD PMI Kota Surabaya

Setelah menyelenggarakan kegiatan sosial donor darah selama enam hari di bulan Ramadan, kolaborasi Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih bersama dengan Unit Donor Darah (UUD) PMI Kota Surabaya, berhasil kumpulkan 8.252 kantong darah dari para pendonor.

“Jumlahnya mengalami peningkatan lebih dari 62% dari tahun lalu yang sekitar 5.065 kantong darah,” ungkap dr.Martono Adi Trijogo Kepala UDD PMI Kota Surabaya, Minggu (17/4/2022).

Dengan perolehan tersebut, Martono menilai jika warga Kota Surabaya benar-benar memiliki jiwa pahlawan.

Jumlah perolehan ini dari tahun ke tahun selalu yang terbanyak se-Indonesia, inilah bukti bahwa warga kota Surabaya luar biasa kepeduliannya dan memang memiliki jiwa sebagai pahlawan,” jelasnya .

Kegiatan donor darah yang bertemakan “Be The One For Humanity” tersebut, dilaksanakan mulai Senin 11 April sampai Sabtu 16 April 2022 di UDD PMI Kota Surabaya, jalan Embong Ploso nomor 7-15 Surabaya. Donor darah tersebut disambut baik oleh warga Kota Pahlawan, yang dengan sukarela mendonorkan darahnya, meskipun sebagian besar sedang menjalankan ibadah puasa.

Kegiatan donor darah yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh UDD PMI Kota Surabaya saat bulan suci Ramadan ini, bertujuan untuk menjaga ketersediaan stock darah, mengantisipasi menurunnya jumlah pedonor, dan untuk memenuhi kebutuhan permintaan darah.

Selain memberikan apresiasi kepada para pedonor, Kepala UDD PMI Kota Surabaya juga menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang setinggi tinginya kepada seluruh pendukung atau dermawan yang berdonasi dan berpartisipasi dalam bentuk paket sembako untuk pedonor.

“Juga tak lupa, ucapan terimakasih dan apresiasi juga kami sampaikan untuk semua media yang membantu mempublikasikan kegiatan Donor Darah Ramadan ini. Dan semoga di tahun-tahun berikutnya sinergitas para donatur, media masa dan tentunya pedonor tetap terjalin harmonis untuk tetap semangat membantu sesama lewat donor darah,” ujar Martono.

Sifat kepedulian bagi kemanusiaan warga kota Surabaya yang luar biasa ini terbukti dari jumlah pendaftar pedonor dan capaian jumlah kantong darah yang dihasilkan selama 6 hari penyelenggaraan kegiatan tersebut yaitu :
1. Total jumlah pendaftar: 10.492 orang.
2. Gagal/batal: 2.240 orang.
3. Perolehan: 8.252 orang (kantong). (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs