Jumat, 9 Desember 2022

Polda Metro Tunda Sistem One Way dari Jawa Menuju KM 47 Tol Japek

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar situasi arus lalu lintas di KM 28 Tol Jakarta-Cikampek saat arus balik, Minggu (8/5/2022). Foto: Ditlantas Polda Metro Jaya

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menunda pemberlakuan sistem satu arah (one way) dari arah barat atau Jawa, menuju KM 47 Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (8/5/2022) sore.

“Pelaksanaan one way hingga KM 47 ditunda, karena arus dari Jateng dan Jabar siang ini melandai,” kata Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya saat dikonfirmasi Antara.

Namun, Sambodo menuturkan rekayasa arus lalu lintas contraflow diberlakukan dari KM 66 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 28, sehingga kendaraan yang menuju Bandung dapat melintasi tol.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan arus di Cawang Tol Jakarta yang menuju Cikampek, untuk menerapkan sistem satu arah dari KM 442 Gerbang Tol Semarang hingga Gerbang Tol Halim.

Pemberlakuan sistem satu arah dan contraflow dilakukan sesuai situasi arus lalu lintas di lapangan.

Sebagai informasi, Korps Lalu Lintas Polri memprediksi puncak arus balik Lebaran 2022 di Tol TransJawa menuju Jakarta akan terjadi pada 6-8 Mei.

Irjen Pol Firman Shantyabudi Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri juga mengimbau warga yang mudik agar pulang ke Jakarta lebih awal, untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Namun, Firman tetap memastikan kesiapan untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022 dan meminta masyarakat mengikuti kebijakan dan aturan Korlantas Polri.

Korlantas Polri bersama pemangku kepentingan lain sebelumnya membuat kebijakan rekayasa lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2022, guna menangani kepadatan arus kendaraan.

“Apa yang kami kerjakan ini untuk membantu semua pihak,” ungkap Firman. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 9 Desember 2022
32o
Kurs