Kamis, 18 Agustus 2022

Polisi: Asap Pekat dari PT Aneka Gas karena Kebocoran Kompresor

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tangkapan layar video kiriman Ivan Yudhistira via WA SS, yang menampilkan corong PT Aneka Gas yang bocor, Kamis (7/7/2022).

PT Aneka Gas, Sidoarjo sekitar pukul 10.00 WIB dilaporkan oleh beberapa pendengar mengeluarkan asap pekat berwarna putih yang terpantau hingga di jalan raya Gilang. Rekaman video yang dikirimkan pendengar Suara Surabaya menunjukkan mobil yang lewat rata-rata menyalakan lampu hazard (lampu darurat).

Salah satunya video yang dikirim Ilham Afandi.  Dalam video tersebut, memperlihatkan kondisi jalan yang penuh asap saat dia melintas di Jalan Raya Gilang, Taman sesudah Layang Trosobo yang mengarah ke Surabaya.

Didik salah satu pendengar Radio SS juga melaporkan dalam perjalannya dari arah Krian ke Surabaya, melihat asap putih yang menganggu jarak pandang.

“Waktu melintas tadi di daerah Taman tadi ada asap putih, semua kendaraan menggunakan lampu hazard. Jarak pandang terbatas hanya 10 meteran, tapi yang dari arah Surabaya lebih pekat, tadi kejadiannya jam 10-an,” kata Didik.

 

Tangkapan layar kiriman video Ilham Afandi via WA SS yang memperlihatkan Jalan Raya Gilang Taman, Kamis (7/7/2022).

Setelah mendapat laporan dari Suara Surabaya, pihak kepolisian dari Polsek Taman melakukan pengecekan.  Kompol Yoyok Kapolsek Taman membenarkan terjadinya kebocoran kompresor PT Aneka Gas.

“Betul asap itu dari PT Aneka Gas, tapi itu bukan kebocoran gas, tapi kebocoran kompresor untuk filter penyaringan dari udara bebas dan dimasukkan tabung oksigen. Kompresornya ada cerobong yang bocor sehingga keluar asap,” kata Yoyok kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (7/7/2022).

Yoyok menambahkan, keterangan dari pihak HRD PT Aneka Gas,  kepulan asap pekat yang bocor dari corong itu serbuk-serbuk yang berwarna putih dan tidak berbahaya.

Terkait kapan peristiwa kebocoran itu terjadi, Kompol Yoyok mengatakan, dia menerima informasi awal sekitar pukul 10.00 WIB dan pada pukul 10.30 WIB asap sudah tidak muncul lagi, karena sudah dilakukan penanganan.

“Pihak PT Aneka Gas langsung mematikan mesin emergency. Saat ini asap sudah tidak ada, sudah ditangani, untuk sementara produksi dihentikan. Sejauh ini kami juga tidak menerima laporan apa-apa dari warga terkait insiden ini,” kata dia.

Hingga berita ini ditayangkan, pihak manajemen PT Aneka Gas belum bisa dihubungi tim gatekeeper Suara Surabaya, telepon belum diangkat.(wld/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Kamis, 18 Agustus 2022
26o
Kurs