Minggu, 5 Mei 2024

Polisi Surabaya Bakal Dibekali Bodycam

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Penandatangan kontrak kerja antara Polrestabes Surabaya dengan vendor penyedia body camera, Jumat (18/3/2022). Foto: Polrestabes Surabaya

Polrestabes Surabaya bakal membekali anggotanya dengan bodycam untuk merekam suatu kejadian di lapangan yang berguna sebagai penyeimbang kalau ada komplain terkait penanganan aparat kepolisian.

Akhmad Yusep Gunawan Kapolrestabes Surabaya yang menyatakan itu saat menandatangani kontrak kerja dengan vendor penyedia body camera didampingi AKBP Hartoyo Wakapolrestabes Surabaya beserta PJU Polrestabes Surabaya, Jumat (18/3/2022).

“Ini untuk mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian di Polrestabes Surabaya baik secara terbuka dan tertutup,” kata Kapolrestabes Surabaya, mengutip situs resmi Polrestabes Surabaya, Minggu (20/3/2022).

Menurutnya, bodycam memiliki fungsi dan manfaat yang baik untuk menunjang pelaksanaan tugas personel di lapangan.

“Dengan adanya bodycam di tubuh anggota maka juga akan mempermudah penyelidikan jika sewaktu-waktu ada informasi negatif tentang anggota di lapangan,” terangnya.

Yusep menambahkan, penerapan kebijakan pemakaian bodycam pada tiap anggota baik terbuka dan tertutup diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas Polri dalam melaksanakan tugasnya dengan jujur dan baik serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Untuk pemakaian alat ini nantinya akan digunakan secara terbuka agar masyarakat tahu, hal ini untuk mencegah agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan hukum dan tidak terkesan Polri mencari-cari kesalahan masyarakat,” tambahnya.

Rencananya, pada tahap pertama Polrestabes Surabaya mengambil sekitar 50 unit, dan pengadaan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan.

“Kebutuhan ini sangat mendesak karena perkembangan sosial masyarakat yang mulai meningkat di tengah PPKM level 2 surabaya,” pungkas Yusep.(dfn/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs