Kamis, 25 April 2024

Potensi Gelombang Tinggi hingga Hujan Lebat Sejumlah Wilayah Jatim Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Gelombang laut tinggi. Grafis: suarasurabaya.net

BMKG Maritim Jatim mengimbau masyarakat yang beraktivitas di wilayah perairan untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Samudra Hindia selatan Jatim pada Jumat (18/11/2022).

BMKG menginformasikan secara umum kondisi cuaca perairan Jawa Timur berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG Maritim menuliskan arah angin didominasi dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 24 knot (43 kilometer per jam) dan Selat Hindia selatan Jatim sebesar 18 knots (33 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.0 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0.5-2.3 meter dan Selat Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.8 meter.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di sekitar wilayah Jawa Timur (Jatim) dilanda hujan pada Jumat (18/11/2022).

Pada pagi hari untuk wilayah Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kab. Blitar, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Untuk siang dan sore hari, ada potensi hujan di wilayah Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Di malam harinya ada wilayah Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo. Sementara pada dini hari untuk wilayah Kab. Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo.

Suhu di udara di Jatim berkisar 15-33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Arah angin dominan dari Barat Daya-Selatan dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Masyarakat juga diimbau berhati-hati dalam peringatan dini BMKG Juanda untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.(tik/dfn/ipg)

Peringatan dini tiga harian di wilayah Jawa Timur. Foto: BMKG

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs