Jumat, 29 Maret 2024

PPIH: Jemaah Haji Indonesia Disiplin Pakai Masker Selama di Tanah Suci

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi - Salah satu calon jemaah haji saat membongkar koper bawaannya di depan petugas, Selasa (7/6/2022). Foto: PPIH Embarkasi Surabaya

Jemaah haji Indonesia selama pelaksanaan rangkaian umrah dan haji 1443 H/2022 M tetap disiplin menggunakan masker meski pemerintah Arab Saudi sudah melonggarkan aturan penggunaan masker, kata Arsad Hidayat Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

“Jemaah haji tetap menggunakan masker dan saya lihat saat melaksanakan salat Jumat umumnya jemaah haji sangat disiplin tetap menggunakan masker,” kata Arsad Hidayat dikutip Antara dari Media Center Haji di Madinah, Sabtu (18/6/2022).

Arsad mengatakan, pada prinsipnya jemaah haji Indonesia harus mematuhi protokol kesehatan dengan wajib memakai masker.

Arsad melihat kebanyakan orang di Arab Saudi maupun non-jemaah haji Indonesia melepas masker saat beraktivitas. Sementara, jemaah haji Indonesia masih memakai masker.

“Saya kira ini budaya yang bagus, artinya mereka tetap menjaga prokes. Antisipasi kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Jemaah haji Indonesia sudah diedukasi untuk tetap memakai masker selama beraktivitas terutama di luar ruangan karena cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Tanah Air.

Imran Saleh Kepala Seksi Kesehatan Daker Mekkah menyarankan jemaah haji agar selalu menggunakan masker untuk mengantisipasi cuaca ekstrem seperti suhu panas dan potensi badai pasir.

“Tetap pakai masker, kita tidak tahu tiba-tiba kapan terjadi badai pasir,” kata Imran.

Ia mengatakan, jika terjadi badai pasir dapat berbahaya bagi pernapasan, karena debu dan pasir bisa masuk ke hidung. Bagi yang punya masalah paru-paru dampaknya akan makin berat. Kemudian debu bila masuk di mata bisa menyebabkan infeksi.

“Suhu panas di Saudi rata-rata mencapai 40-45 derajat Celsius dan adanya potensi badai pasir bisa membahayakan pernapasan, maka jemaah tetap diimbau untuk memakai masker,” katanya.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs