Selasa, 25 Juni 2024

Presiden Ingatkan Laksamana TNI Muhammad Ali KSAL Fokus Menjaga Wilayah Laut Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden didampingi Laksamana TNI Yudo Margono Panglima TNI (kiri) dan Laksamana TNI Muhammad Ali KSAL memberikan keterangan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden menyampaikan pesan khusus kepada Laksamana TNI Muhammad Ali yang baru saja mengucapkan sumpah jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL).

Dalam keterangannya, siang hari ini, Rabu (28/12/2022), di Istana Negara, Jakarta, Presiden bilang KSAL harus konsentrasi menjaga kedaulatan negara, terutama di laut dan pulau perbatasan negara.

Kemudian, Kepala Negara memerintahkan Laksamana Ali menyiapkan program modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI AL.

“Jadi, konsentrasi untuk kedaulatan negara utamanya di laut itu yang menjadi tanggung jawab besar dari KSAL yang baru Pak Muhammad Ali, utamanya juga yang berkaitan dengan pulau-pulau perbatasan harus menjadi titik perhatian,” ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi Presiden menyebut rekam jejak dan kepemimpinan jadi faktor yang membuatnya memilih Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai KSAL menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono.

“Saya selalu melihat rekam jejak. Pak Ali kan pernah menjabat Gubernur Akademi Angkatan Laut, pernah jadi Pangkoarmada, dan Pangkogabwilhan,” tegasnya.

Sekadar informasi, Ali tercatat pernah menjadi Ajudan Boediono Wakil Presiden RI (2012-2014), dan Gubernur Akademi Angkatan Laut (2018-2019).

Sebelum menjadi KSAL, Ali mengemban tugas sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I, yang meliputi daerah Sumatera, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. (rid/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
28o
Kurs