Rabu, 17 April 2024

Presiden Korea Selatan Dijadwalkan Hadiri KTT ASEAN dan G20

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Yoon Suk Yeol Presiden Korea Selatan saat akan bertolak ke Madrid untuk menghadiri NATO. Foto: Twitter/@President_KR

Yoon Suk-yeol Presiden Korea Selatan akan menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan G20 yang digelar pada bulan November ini.

“Kami sedang menyusun KTT dengan negara-negara utama saat menghadiri pertemuan ASEAN dan G20,” kata Kim Sung-han penasihat keamanan nasional Presiden saat konferensi pers, Rabu (9/11/2022).

Korea Selatan diketahui sedang menyusun rencana KTT bilateral antara Yoon Suk-yeol dan Joe Biden Presiden Amerika Serikat, serta KTT trilateral yang melibatkan AS dan Jepang di sela-sela acara tersebut, menurut laporan Kantor Berita Korea Selatan Yonhap yang dikutip Antara.

Namun belum ada keputusan pasti mengenai rencana pertemuan antara Presiden Korsel dan Fumio Kishida PM Jepang.

Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada September. Kedua pemimpin itu lantas sepakat perlunya memperbaiki hubungan yang dirundung konflik sejarah.

Yoon, yang dilantik pada Mei, bersemangat untuk memperbaiki hubungan dengan Tokyo pada saat kedua negara menghadapi ancaman rudal dan nuklir Korea Utara yang semakin berkembang.

Pertemuan September, yang digelar di New York dan berlangsung di sela-sela Majelis Umum PBB, merupakan yang pertama sejak 2019.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs