Jumat, 29 Maret 2024

Presiden RI Lakukan Pertemuan dengan Presiden Filipina di Istana Bogor

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI (kanan) dan Ferdinand Romualdez Marcos Jr. Presiden Filipina memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (5/9/2022). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden, hari ini, Senin (5/9/2022), menerima kunjungan kenegaraan Ferdinand Romualdez Marcos Jr Presiden Republik Filipina beserta rombongan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kedatangan Presiden Filipina sekitar pukul 10.00 WIB, disambut pasukan berkuda dan marching band yang mengantarkannya sampai ke halaman depan Istana Bogor.

Di situ, Jokowi Presiden menyambut Presiden Filipina dengan menjabat erat tangannya. Sementara Iriana Ibu Negara memberikan buket bunga kepada Louise Araneta Marcos sebagai simbol persahabatan.

Selanjutnya, kedua pemimpin negara menyaksikan Upacara Penyambutan Kenegaraan dengan mendengarkan lantunan Lagu Nasional Filipina Lupang Hinirang, kemudian Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Sesudah itu, Jokowi dan Marcos Jr melakukan penanaman pohon bersama, dilanjutkan dengan pertemuan bilateral delegasi masing-masing negara, serta menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman.

Sebelumnya, Jumat (19/8/2022), Trixie Cruz-Angeles Sekretaris Pers Kantor Kepresidenan Filipina menyebut ada sejumlah hal yang akan dibahas Presiden RI dan Presiden Filipina, pada pertemuan di Bogor.

Menurutnya, kedua negara akan memperbarui pakta pertahanan dan keamanan, serta menandatangani kesepakatan bidang perdagangan, investasi dan energi hijau.

Selain itu, ada kemungkinan Pemerintah Indonesia dengan Filipina membahas kerja sama maritim, masalah perbatasan negara, serta penanganan terorisme.

Sekadar informasi, kunjungan kenegaraan ini merupakan pertama kalinya buat Ferdinand Marcos Jr sesudah resmi menggantikan Rodrigo Duterte, 30 Juni 2022.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Menkominfo Sambut Kunjungan Presiden Filipina


Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs