Selasa, 23 April 2024

Presiden Ukraina: Rusia Harus Dipaksa Ikut Pembicaraan Damai

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina. Foto: Reuters

Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina pada Senin (7/11/2022) mengatakan penting untuk memaksa Rusia turut serta dalam pembicaraan damai “yang sebenarnya”.

Zelenskyy mendeskripsikan Rusia sebagai suatu kekuatan yang membuat tidak stabil dalam berbagai isu, termasuk perubahan iklim.

Dalam pidatonya, Zelenskyy mencela “pengaruh destabilisasi Rusia” saat dunia sedang menghadapi perang, krisis energi dan pangan serta apa yang disebutnya sebagai destruksi terhadap hubungan internasional.

Presiden Ukraina itu juga mengatakan bahwa agenda penanganan perubahan iklim “sangat terdampak” namun tidak dapat “ditunda”.

“Sehingga siapa pun yang serius dengan agenda iklim, serius pula dengan perlunya untuk menghentikan agresi Rusia segera, memulihkan integritas wilayah kami, dan memaksa Rusia untuk terlibat dalam perundingan damai yang sesungguhnya,” kata Zelenskyy dikutip Antara dari Reuters.

Penasihat Zelenskyy sebelumnya mengatakan Ukraina siap berbicara dengan pemimpin Rusia, namun bukan Presiden Vladimir Putin.

Washington post pada akhir pekan melansir bahwa pemerintah Joe Biden Presiden Amerika Serikat mendorong para pemimpin Ukraina agar memberikan sinyal terbuka untuk pembicaraan.(ant/gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs