Sabtu, 11 Mei 2024

Presiden Ukraina: Rusia Harus Dipaksa Ikut Pembicaraan Damai

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina saat memberikan pidato ditengah perang negaranya melawan Rusia. Foto: Reuters

Volodymyr Zelenskyy  Presiden Ukraina pada Senin (7/11/2022) mengatakan penting untuk memaksa Rusia turut serta dalam pembicaraan damai “yang sebenarnya”.

Mengutip Antara yang bersumber dari Reuters, Zelenskyy mengungkapkan Rusia disebut sebagai kekuatan negara yang membuat negara lain tidak stabil dalam berbagai isu, termasuk perubahan iklim.

Dalam pidatonya, Zelenskyy mengkritik “pengaruh destabilisasi Rusia” yakni dunia sedang menghadapi perang, krisis energi dan pangan, serta destruksi terhadap hubungan internasional.

Presiden Ukraina juga mengatakan agenda penanganan perubahan iklim “sangat berdampak” namun tidak dapat “ditunda”.

“Sehingga siapa pun yang serius dengan agenda iklim, serius pula dengan perlunya untuk menghentikan agresi Rusia segera, memulihkan integritas wilayah kami, dan memaksa Rusia untuk terlibat dalam perundingan damai yang sesungguhnya,” kata Zelenskyy.

Penasihat Zelenskyy sebelumnya mengungkapkan bahwa Ukraina siap berbicara dengan pemimpin Rusia, namun bukan dengan Presiden Vladimir Putin.

Pada akhir pekan, Washington Post melaporkan Joe Biden Presiden Amerika Serikat mendesak para pemimpin Ukraina agar segera memberikan sinyal terbuka untuk pembicaraan.(ant/tik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
31o
Kurs