Minggu, 29 Januari 2023

Presiden: Vaksinasi Booster Gratis untuk Seluruh Masyarakat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden. Foto: Biro Pers Setpres

Pemerintah mulai besok, Rabu (12/1/2022), akan melaksanakan Program Vaksinasi Covid-19 Lanjutan untuk memperkuat antibodi (booster).

Joko Widodo Presiden menyatakan, prioritas penerima vaksin dosis ketiga adalah kelompok masyarakat lanjut usia dan kelompok rentan.

Untuk meningkatkan antibodi masyarakat terhadap Virus Corona yang terus bermutasi, Presiden memutuskan program vaksinasi booster tidak dipungut biaya alias gratis.

Masyarakat bisa mendapatkan vaksin dosis ketiga sesudah enam bulan menerima suntikan dosis kedua.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi, siang hari ini, Selasa (11/1/2022), dalam keterangan pers, di Istana Merdeka, Jakarta.

“Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan seluruh lapisan masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan walau pun sudah mengikuti program vaksinasi booster.

Seperti diketahui, kemarin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat lima merek vaksin Covid-19 sebagai booster.

Selain CoronaVac buatan PT Bio Farma, izin penggunaan darurat diterbitkan untuk Vaksin AstraZeneca, Pfizer, Moderna, dan Vaksin Zifivax.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait